Tuesday, September 27, 2022

Resep Masakan Ayam dengan Polytron Rice Cooker Donabe dan Tiara Pot Pro

Mengikuti kelas memasak itu suatu hal yang menyenangkan bagi saya, apalagi setiap hari harus memasak untuk keluarga. Dengan mengikuti kelas memasak, saya bisa menambah resep masakan yang bisa dicoba di rumah sehingga menu masakan rumahan tidak membosankan, seperti saat saya memasak menu ramadan untuk anak semangat puasa. Senangnya lagi, kelas memasak yang saya ikuti ini dimentori langsung oleh seorang Master Chef dan tidak dipungut biaya sepeser pun. 

Hainan Chicken Rice

 

Yup, tanggal 24 September 2022 lalu, saya mengikuti Live Cooking Demo di Farmers Market Margo City Depok yang diadakan atas kerjasama Polytron, Farmers Market, dan Blibli dengan mengundang Komunitas Emak-emak Blogger dan Blibli.com. Dipandu oleh Master Chef Indonesia musim ke-4 yang masuk posisi 9 besar, yaitu Chef Beatrix, kami memasak Hainan Chicken Rice dan Albondigas Soup. Proses memasaknya tentu saja menggunakan dua produk terbaru dari Polytron yaitu Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe.  

Chef Beatrix

Selain di Farmers Market Margo City Depok, Polytron Live Cooking Demo ini juga diadakan di Farmers Market Summarecon Serpong dan Farmers Market Grand Wisata Tambun.

Resep Hainan Chicken Rice (Nasi Ayam Hainan) 

Mula-mula Chef Beatrix memasak Nasi Ayam Hainan menggunakan Rice Cooker Donabe dari Polytron. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan: 

Bahan Nasi: 

300 gram beras 

750 ml kaldu ayam 

3 siung bawang putih yang dicincang halus

3 sdm bawang bombay yang dicincang 

30 gr jahe yang dimemarkan 

2 sdt garam 

Minyak Wijen secukupnya 

1 sdm minyak goreng untuk menumis 

Bahan Kuah Kaldu: 

3 siung bawang putih yang dicincang 

1000 ml kaldu ayam dari hasil merebus ayam

1 sdm garam atau kaldu bubuk

Bahan siraman ayam: 

1 sdt minyak wijen

2 sdt kecap asin

5 sdm kaldu ayam 

Memasak Nasi Hainan

 

Cara Memasaknya: 

  • Ayam direbus di dalam air bersama jahe, bawang putih, dan daun bawang sampai mendidih. Kemudian masukkan minyak wijen, garam, dan gula pasir. Aduk semuanya sampai rata. Masaklah ayam ini sampai matang, kemudian angkat dan dikeringkan. Buang tulangnya, lalu potong-potong. Agar lebih mudah lagi, gunakan ayam fillet bagian pahanya supaya lebih cepat empuk dan sudah dipisahkan dari tulangnya. Anak-anak juga lebih mudah mengunyahnya dibandingkan ayam fillet dada. 
  • Sekarang untuk memasak nasinya yaitu tuangkan minyak untuk menumis ke dalam Rice Cooker Donabe. Kemudian masukkan irisan bawang putih dan jahe, tumis sampai harum. Masukkan beras yang sudah dicuci dan tuangkan kaldu. Masukkan juga garam dan merica. Tutup Rice Cooker Donabe dan masak nasinya sampai matang.
  • Selanjutnya membuat kuah kaldu atau siraman ayamnya yaitu dengan mencampur semua bahannya, kemudian siram di atas ayam.  

Bagaimana rasanya? Endeus banget. Saya ketagihan nih nyicipin Hainan Chicken Rice ala Chef Beatrix ini. Apalagi proses pemasakannya nggak butuh waktu lama. 

Polytron Rice Cooker Donabe

Proses memasak Hainan Chicken Rice ini sangat cepat karena menggunakan Rice Cooker Donabe dari Polytron. Rice Cooker ini menggunakan teknologi terbaik yaitu DONAHEAT 3D yang memiliki pemanasan dari 3 arah sehingga lebih merata. Saat memasak nasi hainan ini saja hanya butuh waktu 20 menitan ya.  Kualitas makanan pun menjadi lebih baik. Nasi Hainan yang dimasak menjadi lebih enak, pulen, hangat, dan tidak berkerak. 

Polytron Rice Cooker Donabe

 

Magic Comnya berkapasitas besar karena muat hingga 2 liter beras. Cukup untuk makan sekeluarga nih. Apalagi nasinya masih enak dimakan hingga 48 jam, asal jangan lupa dihangatkan lagi di rice cookernya. Jadi, mama-mama nggak perlu sering-sering masak nih. Sekali masak bisa untuk makan siang dan makan malam. 

Selain itu, Rice Cooker Donabe ini juga menggunakan Ceramic Coating yang lapisannya lebih tebal daripada panci biasa dan juga anti lengket. Mudah dibersihkan lho, hanya dengan mencucinya menggunakan spons yang lembut. Lapisan anti lengketnya lebih awet dan tahan lama. Sudah food grade juga, sehingga aman digunakan untuk memasak makanan. Alumunium covernya bisa dilepas dan dipasang lagi agar mudah dibersihkan. 

Tidak hanya untuk memasak nasi, tapi juga bisa digunakan untuk memanaskan dan mengukus. Ada pengaturan suhunya juga yaitu Defrost System berupa thermostat untuk mendeteksi mode memasak, menanak, dan memanaskan. Nah, Rice Cooker Donabe ini bisa dibeli langsung di Farmers Market atau melalui Blibli dengan harga promo yaitu Rp 479.000. Harga normalnya Rp 699.000 lho. Lumayan banget kan diskonnya.  

Resep Albondigas Soup

Selanjutnya, Chef Beatrix juga membagikan resep Albondigas Soup yang bikin lidah nggak mau berhenti bergoyang. Sebenarnya proses pemasakannya berbarengan dengan Hainan Chicken Rice. Memang emak-emak itu wajib bisa multitasking ya. Sekali masak langsung jadi dua menu. Tentunya menggunakan dua peralatan masak yang berbeda. 

Bahan-bahannya: 

Bahan Ayam: 

1/2 kg paha ayam cincang

1 telur besar

100 gr bawang bombay yang dicincang halus 

1 cup nasi putih

3 siung bawang putih yang dicincang halus 

2 sdt garam 

1 sdt lada hitam bubuk dan oregano kering

50 gr kacang merah yang sudah empuk 

Bahan Sup: 

3 sdm bawang bombay incang 

3 siung bawang putih cincang

2 liter kaldu ayam

250 gr tomat yang dihaluskan 

3 wortel besar yang dipotong-potong seperti kentang 

3-4 kentang yang dipotong-potong 

Bahan Tambahan: 

Irisan daun ketumbar dan jeruk nipis yang dicincang. 

Cara Memasaknya: 

  • Campurkan ayam giling, telur, bawang merah, beras, bawang putih, garam, merica, dan oregano ke dalam mangkuk yang besar dan aduklah dengan tangan atau sendok sampai rata. 
  • Bentuk bola 2 inci dari campuran dan atur bola di piring.
  • Tumislah bawang bombay dan bawang putih, tambahkan kaldu ayam dan tomat yang dihancurkan ke dalam Tiara Pot Pro, lalu didihkan api dengan pemanasan sedang-tinggi. 
  • Tambahkan wortel, kentang, kacang merah ke dalam panci dan didihkan selama 5 menit. Kecilkan api dengan pemanasan sedang-rendah. 
  • Tambahkan bakso ke dalam kaldu dan masak selama 10 menit. 
  • Tambahkan 2-3 gelas air lagi, didihkan selama 10-15 menit sampai sayurannya lunak. 
  • Angkat panci dan dinginkan selama 5 menit. Sajikan dengan irisan daun ketumbar dan daun jeruk nipis yang dicincang.

Memasak Sup

 

Proses pemasakan Albondigas Soup ini menggunakan Polytron Tiara Pot Pro, sehingga supnya itu matang merata dan cepat. Bola-bola ayamnya juga bisa matang sempurna. Sayurannya pun matang dengan baik, tidak keras dan juga tidak terlalu lembek. Rasanya bikin ketagihan deh, sup tomatnya enak banget. Saya jadi ingin mencoba memasaknya sendiri, supaya bisa masak banyak untuk seluruh keluarga. 

Polytron Tiara Pot Pro

Saya naksir banget nih dengan Polytron Tiara Pot Pro ini yang memiliki 12 fungsi memasak mulai dari Pressure Cooker sampai Slow Cooker. Jadi, kalau mau memasak ketupat juga bisa menggunakan Tiara Pot Pro ini. Cukup dengan satu tombol saja, sudah jadi deh aneka masakan yang kita inginkan. 

Polytron-Tiara-Pot-Pro

 

Ada fitur Smart Steam Releasenya sehingga katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi, kemudian dibuka lagi untuk melepaskan uapnya setelah selesai memasak. Tentunya proses memasak pun menjadi 70% lebih cepat, hemat waktu, dan praktis meskipun memasak menggunakan tenaga listrik. 

Memiliki Clear and Simple Control untuk mengetahui kapan masakan kita sudah masak dengan hanya menekan satu tombol. Jadi masakannya bisa ditinggal dulu nih sambil mengerjakan pkerjaan lain atau memasak makanan lainnya. 

Terbuat dari material yang kokoh, aman, dan mudah dibersihkan. Tersedia juga layar display dan lampu LED agar kita bisa mengetahui proses dan waktu pemasakan.  Pokoknya ini sangat mempermudah pekerjaan kita. Harganya juga sangat ramah kantong, apalagi dalam masa promo ini. Bisa dibeli langsung di Farmers Market atau melalui Blibli.com yaitu seharga Rp 949.000 dari harga normal Rp 1.599.000. 

Wah, diskonnya banyak banget. Promo diskon ini berlaku dari tanggal 23 September sampai dengan 2 Oktober 2022 saja ya Mak. Jadi, jangan sampai ketinggalan promonya nih. 

Polytron-Cooking-Demo

Alhamdulillah, dengan mengikuti Polytron Live Cooking Demo ini, saya jadi dapat dua resep menu sehat dan praktis untuk dipraktekkan di rumah nih.

32 comments:

  1. Terimakasih resepnya moms, bisa nih dicoba

    ReplyDelete
  2. Wow, dari fotonya udah tampak enak banget Mbak. Saya jadi kepo dengan dua produk Polytron ini. Makasih Mbak

    ReplyDelete
  3. Naksir deh lihat magic comnya, apalagi ini emang sedang cari rekomendasi magic com untuk di rumah karena yang lama udah pensiun nih. Promonya sampai kapan ya ini Mbak? Lumayan banget nih diskonnya *emakmodaldiskon hihihih

    ReplyDelete
  4. Wah, menggiurkan nih Mbak, review Tiar Pot Pro-nya. Coba ah browsing di marketplace, mumpung masih promo kan. Makasih infonya Mbak.

    ReplyDelete
  5. Nasi Hainan emang jadi makanan favorit banget sih apalagi ini termasuk makanan yang comfort food yang bisa dinikmati semua umur. Apalagi sekarang bisa dibuat sendiri dengan mudah bersama Polytron Rice Cooker Donabe. MAu cobain juga akh

    ReplyDelete
  6. Naksir Ama Tiara Pot Pro-nya Polytron. Multifungsi banget ya dan praktis karena bisa masak banyak jenis masakan di sana.

    Pas banget daku lagi butuh magic com bæru. Merk Polytron ok punya yaaa

    ReplyDelete
  7. Wah, makin kesini sekarang penanak nasi pun bisa untuk masak mewah ya.. Memasak jd lebih simple, cepat dan tentunya enak..

    ReplyDelete
  8. Duh, ngabibita sekali ini nasi ayam hainannya. Resep dan cara masaknya juga gampang, apalagi kalau pakai Polytron. Yang susah itu seperti biasa, mengumpulkan kemauan untuk masaknya >.<

    ReplyDelete
  9. menggoda banget :) seru banget ya bisa ikutan masak langsung nih, pakai polytron jadi lebih praktis ya masaknya

    ReplyDelete
  10. Membaca artikel Resep Masakan Ayam dengan Polytron Rice Cooker Donabe dan Tiara Pot Pro ini bikin aku makin pengen punya Polytron Rice Cooker Donabe dan Tiara Pot Pro deh
    Biar masak jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  11. Bagi yang gak suka dengan banyaknya cucian after memasak, menggunakan alat masak yang hanya 1 saja sepert dari Polytron di atas, yakni Rice Cooker Donabe dan Tiara Pot Pro membuat masak menjadi lebih praktis dan hemat.

    ReplyDelete
  12. kok salfok niihhh, malah jadi pengen recook menu hainannya haha

    ReplyDelete
  13. Lho, ternyata Rice Cooker Donabe dari Polytron ini bagus ya. Kemarin pas beli magic com, sempat ragu antara magic com dan rice cooker. Tau gitu beli rice cooker ini saja.

    ReplyDelete
  14. wah makasih resepnya , ini resep masakan sehat nih no goreng-goreng ya tapi belum punya rice cooker Polytron nya

    ReplyDelete
  15. masak menu nasi hainam jadi lebih mudah dengan Polytron, juga membuat ayam hainam... mantaplah

    ReplyDelete
  16. Looks so yummyyyy 😆👍
    Kok ya hari ini aku clueless mau masak apa.
    Bs bgt aku recook resepnya nih mba
    Pakai piranti Polytron makin enjoyyyyy

    ReplyDelete
  17. Polytron tiara pot pro duhh jadi mupeengg banget...simpel ya nah nasi hainan pengen banget bisa biikin sendiri.

    ReplyDelete
  18. Pastinya memasak bakal jadi lebih menyenangkan kalo pake Polytron yaaah. Bakalan lebih semangat buat eksplor berbagai menu baru nih kalo di rumah punya rice cooker Polytron yang multifungsi kayak gitu

    ReplyDelete
  19. Jadi bingung yaa.. kalau dihadapkan boleh beli salah satu dari produk canggih Polytron di atas.
    Antara Polytron Rice Cooker Donabe atau Tiara Pot Pro?
    Kalau dari variasi menu, rasanya seneng Tiara Pot Pro Polytron nih..

    ReplyDelete
  20. Aduh aku ngiler lihat si Nasi Hainannya, mau ah bikin juga di rumah mumpung dikasih resepnya sama mak Layla. Tambah mantap lagi kalau masak langsung pakai si Polytron itu ya mak, kok jadi ingin punya juga di rumah nih.

    ReplyDelete
  21. Aku kok pengen banget nyoba Resep Albondigas Soup ini mbak
    Belum pernah mengolah ayam untuk albondigas
    Harus beli Tiara Pot Pro dari Polytron deh kayaknya ya
    Bikin masak jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  22. Ini enak bgt. Bahannya dan cara membuatnya mudah. Cukup pake rice cooker. Ijin recook ya mbak resepnya

    ReplyDelete
  23. Rice Cooker-nya jadi multi fungsi ya, Mbak. Jadi pingin punya. Hihihi

    ReplyDelete
  24. Hainan Chicken Rice ternyata bisa dibikin dari Rice Cooker Donabe Polytron. Jadi berpikir buat ganti ricecooker di rumah soalnya kalau udah agak lama nasi cepat jadi kuning dan keras.

    ReplyDelete
  25. Hainan Chicken Rice ternyata simple yaa apalagi pakai rice cooker Polytron. Dari menumis, merebus, sampai masak Nasi all in one. Cuma pake rice cooker loh!

    ReplyDelete
  26. Peralatan masak dari polytron begitu inovatif jadi berikan kemudahan untuk menyajikan hidangan lebih simpel dan efisien
    Polytron Tiara Pot dan Rice Cooker Donabe solusi bgt bagi org yg sudah disibukan dgn urusan ataupun tugas domestik lainnya

    ReplyDelete
  27. Nasi Hainan tuh memang enak, terutama saat masih hangat. Keren banget nih produk dari Polytron, multifungsi ya mom

    ReplyDelete
  28. Terima kasih resepnya Mbak. Saya slah satu penggemar menu Ayam Hainan loh jadi dulu tuh penasaran gimana ya cara buatnya kok bisa lembut gitu ayamnya. Bisa dicoba nih resepnya di rumah.

    ReplyDelete
  29. Duh jadi laper deh kepengen makan nasi hainan juga :D
    Kalau punya alat Tiarab pot ini kyknya bikin makanan apa aja jadi gampang yaa. Waahh seneng deh kalau udah ada promo2 gtu mesti dimanfaatkan baik2 nih TFS infonya.

    ReplyDelete
  30. Semakin kepingin punya ya mba ... Akupun naksir nih sama Tiara Pot Pro.. amaze Aja kemarin kacang merahnya dn kentang gàk hancur... Lebih praktis irittpat

    ReplyDelete
  31. wah keren deh polytron sekarang juga punya alat memasak ya, mbak. selama ini tahunya cuma merk televisi sama speaker

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...