Wednesday, May 30, 2018

Cara Mengatasi Anyang-anyangan ala dr. Boy Abidin, SpOG(K)



Assalamualaikum. Sudah hampir 2 minggu kita berpuasa. Semoga masih tetap lancar dan bersemangat ya. Salah satu kegiatan di bulan Ramadan yang ngehits banget adalah acara buka puasa bersama. Tentunya, berbuka puasa bersama keluarga di rumah itu yang utama. Akan tetapi, tak ada salahnya juga sesekali berbuka puasa di luar bersama teman-teman, apalagi jika didahului dengan talkshow padat ilmu yang bermanfaat untuk kaum wanita. 


Yup, salah satu acara buka puasa bersama yang padat ilmu itu saya ikuti hari Sabtu lalu tanggal 26 Mei 2018, bertempat di Harris Hotel Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tema talkshownya sangat menarik, "Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih pada Wanita." Narasumbernya juga sangat kompeten, yaitu dr. Boy Abidin, SpOG (K), seorang dokter obgyn atau dokter kandungan yang sering membawakan acara teve sebagai dr. Oz. 

dr. Boy Abidin, SpOG(K)

Adakah yang pernah merasakan anyang-anyangan? Itu lho, perasaan ingin pipis atau buang air kecil tapi terasa sakit saat dikeluarkan dan hanya keluar sedikit-sedikit? Dulu saya sering mengalaminya saat masih remaja, karena belum tahu cara cebok dengan benar. Ternyata, itu salah satu gejala penyakit yang tidak boleh dianggap sepele lho dan paling sering dialami oleh kaum wanita. 

Infeksi Saluran Kemih disebabkan oleh adanya koloni kuman yang masuk ke saluran kemih. Infeksinya bisa dimulai dari ginjal, bisa juga dari bawah (vagina). Berdasarkan data, 50-60% Infeksi Saluran Kemih ini dialami oleh wanita dan bisa terjadi pada anak-anak dan wanita menopouse. Ini juga bukan hanya terjadi sekali. Infeksi Saluran Kemih berulang dapat terjadi pada seorang penderita bila tidak ditangani dengan serius. 

Mengapa kaum wanita sering mengalami Infeksi Saluran Kemih? Dr. Boy Abidin menjelaskan, itu karena saluran kemih kaum wanita lebih pendek dan wanita memiliki 3 saluran pembuangan yang saling berdekatan sehingga bisa saling menularkan kuman. Penyebab terbanyak adalah bakteri E.Coli. Keluhan pertamanya adalah anyang-anyangan. Nah, tuh, buat kamu yang sering merasa anyang-anyangan, waspadai jangan-jangan terkena Infeksi Saluran Kemih. 

Anyang-anyangan itu tanda-tandanya kita mau pipis tapi susah keluar sehingga jadi bolak-balik ke kamar mandi atau pipis tidak tuntas. Tanda lainnya, kita tidak tahan ingin buang air kecil sehingga mengompol sebelum sempat masuk kamar mandi. Biasanya terjadi pada wanita yang sudah menopouse. Pada perut bagian bawah juga terasa nyeri. Terkadang terjadi demam ringan dan badan tidak enak. Itu baru gejala kalau terjadi infeksi saluran kemih di bagian bawah.

Demam tinggi, menggigil, tidak nafsu makan, bengkak, dan sakit pinggang adalah gejala yang terjadi saat infeksi saluran kemih sudah naik ke atas. Kalau sudah mengalami gejala tersebut, harus segera diperiksakan ke dokter lho. Jangan didiamkan saja. Mengapa? Sebab, bisa merusak organ ginjal dan pada akhirnya akan menyebar ke organ lain. 

Cara Mencegah dan Mengatasi Infeksi Saluran Kemih atau Anyang-anyangan

Banyak Minum Air Putih 
Minimal sehari 8 gelas, yaitu 1 gelas saat bangun pagi, 1 gelas sebelum makan, 1 gelas setelah makan, 1 gelas sebelum tidur. Kalau makan 3 kali, berarti 8 gelas per hari. Menurut dr. Boy, yang paling tepat adalah minum sebelum haus. Jangan minum saat haus. Karena, rasa haus itu pertanda bahwa tubuh dehidrasi.  Orang yang kurang minum akan diketahui dari warna air seninya yang kuning pekat. Kalau cukup minum, urinenya berwarna putih jernih seperti air putih. 

Jangan Menahan Buang Air Kecil
Jangan pernah menahan pipis, harus segera dikeluarkan. Bagaimana bila dalam perjalanan jauh? Perkirakan waktu pipisnya. Sebelum berangkat, pipis dulu. Kalau ada rest area, segera pipis. Atau gunakan diapers untuk orang dewasa bila sewaktu-waktu tidak sempat berhenti di tengah jalan untuk pipis.

Aktivitas Seksual
Nah, buat kamu yang sudah menikah, aktivitas seksual bisa menyebarkan kuman ke saluran kemih.  Jadi, setelah berhubungan seksual harus segera dibersihkan bagian vaginanya agar kuman tidak menetap.

Penderita Diabetes Berpotensi Terkena Infeksi Saluran Kemih
Penderita diabetes mudah terkena infeksi karena sering buang air kecil sebagai akibat dari penyakitnya itu. Imunitasnya juga rendah. Pengobatan diabetes harus dengan menormalkan gula darahnya agar tidak sering buang air kecil.

Wanita Hamil
Wanita yang hamil mudah mengalami infeksi saluran kemih karena sering mengalami keputihan. Keputihan ini akan memunculkan koloni kuman. Sehingga wanita yang hamil perlu memperhatikan soal infeksi saluran kemih ini. Infeksi atau peradangan di saluran kemih bisa memicu keluarnya hormon oksitosin yang mempercepat kontraksi sehingga berisiko terjadinya kelahiran prematur.  Jika bayinya lahir, berat badannya rendah.


Perhatian nih buat yang belum menikah, waspadai betul infeksi saluran kemih ini. Jaga betul area kewanitaan kita dengan menjaga kebersihannya. Organ intim wanita ini memiliki 3 fungsi: menstruasi, seksual, reproduksi. Gangguan saluran kemih akan mengganggu salah satu atau ketiga fungsi tersebut. Pilih toilet yang bersih setiap akan buang air kecil. Jika berada di toilet umum, bawa air sendiri, handuk, atau tisu kewanitaan. Cebok dengan arah yang benar, yaitu dari depan ke belakang. 

Nah tuh, ibu-ibu yang punya anak gadis, baik itu usianya baru 5 tahun apalagi kalau sudah remaja, harus diajari cara membersihkan area kewanitaan dengan benar karena infeksi saluran kemih juga bisa menyerang anak-anak. Saya jadi ingat deh dulu mengalami anyang-anyangan juga saat masih kecil sampai remaja. Mungkin karena saya belum benar membersihkan area kewanitaan. 

Memilih tisu toilet juga harus benar ya, jangan tisu  yang gampang luruh karena bisa menempel di vagina dan menggumpal. Kalau perlu, bawa handuk sendiri deh daripada pakai tisu toilet yang tidak bagus. Intinya, setelah buang air kecil, vagina harus dikeringkan. Jangan sampai lembap. 

Bolehkah memakai sabun pembersih khusus vagina? Ternyata dr. Boy Abidin membolehkan penggunaan sabun pembersih khusus vagina, bila mengandung pH yang sesuai dengan pH vagina yaitu 3,5. Dilarang membersihkan dengan sabun biasa karena pH-nya tinggi, yaitu 7. Penggunaan sabun khusus vagina ini juga tidak boleh digunakan terlalu sering, ya cukup 2 kali sehari. Tidak perlu setiap habis pipis, dibersihkan dengan sabun vagina. 

Ganti pakaian dalam dengan yang kering, bila sudah terasa lembap. Utamakan menggunakan pakaian berbahan katun dan tidak ketat agar tidak menghalangi sirkulasi udara. Tuh, jadi kalau pakai legging jangan kelamaan ya. Pakai baju yang nyaman dan menyerap keringat. 

Ekstrak Cranberry untuk Anyang-anyangan 
Dr. Boy Abidin menjelaskan tentang manfaat ekstrak cranberry untuk mencegah dan mengatasi anyang-anyangan, yaitu mencegah bakteri E.Coli menempel di saluran kemih. Berdasarkan pengalaman, pasien yang mengalami infeksi saluran kemih sering diberikan antibiotik sehingga menimbulkan resistensi (kekebalan terhadap antibiotik). Akibatnya, pasien tidak lagi mempan diobati dengan antibiotik. Tidak semua penyakit harus diobati dengan antiobiotik, termasuk penyakit anyang-anyangan. 

Segar Minum Prive Uricran

Prive Uricran bukanlah obat, tetapi minuman dengan ekstrak cranberry yang tidak mengandung antibiotik. Dibuat dari buah Cranberry yang aman dikonsumsi, termasuk oleh ibu hamil. Ada dalam bentuk sachet dan kapsul. Prive Uricran dapat diminum untuk mencegah maupun mengobati anyang-anyangan. Rasanya enak seperti sirup saja, terutama yang sachet karena tinggal dicampur dengan air putih. 

Prive Uricran enak 

Informasi mengenai Prive Uricran, silakan klik di: 
www.uricran.co.id
Instagram: @uricran.id
Fanspage: Prive Uri-cran






 

23 comments:

  1. Aku kalau kecapek an suka anyang-anyangan nih, huhu. Mungkin harus sedia uri cran di rumah.

    ReplyDelete
  2. Ibu hamil emang sering banget anyang-anyang an, untung ada uri cran ini bisa untuk mencegah.

    ReplyDelete
  3. Asik banget bisa dapat ilmu tentang anyang-anyangan, penting banget diketahui masyarakat banyak mbak.
    Dulu saya kerap menahan pipis, saya kira itu gak masalah, eh ternyata masyaa Allah bahaya ya mbak. Saat udah ngerasain anyang-anyangan barulah saya paham dan merasakan sendiri gak enaknya diserang anyang-anyangan :(

    ReplyDelete
  4. Aku banget Bumil yang ada masalah keputihan, ternyata bisa menyebabkan ISK ya? huhu harus makin rajin nih bersih2nya, thank you infonya Mbaaa :*

    ReplyDelete
  5. Gak enak nahan pipis itu, tapi kadang kalo ga dapet toilet bersih itu sesuatu bgt. Pas mudik harus sedia uricran nih.

    ReplyDelete
  6. Itu yg poin 2 ade banget tuh. Suka nahan pipis. Ternyata itu bisa berakibat anyang2an ya. Duuh.

    ReplyDelete
  7. Bebas anyang anyangan itu bikin perempuan bebas berkegiatan ya

    ReplyDelete
  8. Sedian privet uri cran mba mulai sekarang buat jaga2 dikonsumsi tiap hari katanya lbih bagus utk kesehatan

    ReplyDelete
  9. Duhhh... anyang-anyangan memang menyiksa banget ya. Thanks for sharing ya, kalau anyang-anyangan minum Uricran yaaa

    ReplyDelete
  10. Wah ketemu dr. Boy.
    Anyang2an emang gak enak banget, untung sekarang ada obat yang praktis minum kyk Uricran. Udah pernah nyobain sih dan emang bikin anyang2an pergi.

    ReplyDelete
  11. Kalau anyang-anyangan memang cara paling utamanya ya minum prive urican. Sehat dan segar

    ReplyDelete
  12. Alm ibuku suka ngajari sebaiknya area genital dielap sesudah cebok pakai handuk sendiri, jadi gak terkontaminasi dibanding tisue di toilet umum. Paling gak enak kalau anyang-ayangan

    ReplyDelete
  13. Jangan sampai anyang-anyangen deh, nyiksa banget. Kalau ke toilet umum, cari yang closet jongkok, hehe

    ReplyDelete
  14. Asyik nih bukber kayak gini. Ditemani dokter cakep pula. Wanita resikonya lebih tinggi ya kena anyang-anyangan, memang harius teliti kalau soal organ intim.

    ReplyDelete
  15. Anyang-anyangan itu tobat mengganggu bangeeet

    ReplyDelete
  16. Sekarang enak ya ada solusi untuk anyang-anyangan. Dulu aku bingung kalau anyang-anyangan di apain, ya udah di diemin aja..untung bisa ilang sendiri

    ReplyDelete
  17. kalau dokternya cakep gini yang ngasih tipsnya bakalan masuk gak yah, atau malah ngawang-ngawang ama si dokter hehehe

    ReplyDelete
  18. Naeema sudah kuajari membersihkan daerah kelaminnya sejak 5 tahun. Harus dipantau terus sih.

    ReplyDelete
  19. Aku pernah ngalamin anyang2an Mba, untungnya nggak berlangsung lama. Ada teman kantor dulu yang ngalamin anyang2an lebih deri satu hari, dan itu ganggu banged saat kerja.

    Sayangnya saya dulu belum tau ada Uricran ini.

    ReplyDelete
  20. wow langsung dapat tips dari dr. Boy. Ini dokter femes di Kelapa Gading.
    Btw, berarti lebih baik bawa handuk kecil daripada pakai tisu yang ada di toilet umum ya?

    ReplyDelete
  21. Pengen coba, Mak. Usia jrelang menopause, sih. :D
    Enak bisa bukber dengan acara gini, dapat ilmu dan nyebarin ilmunya lewat tulisan di blog.
    Kadang saya pipis dikit dan rasanya tak tuntas. Semoga bisa dicegah karena ini masih gejala ringan saja. Sayanya memang kerap lupa minum air yang banyak dan nahan pipis kalau lagi sibuk meski tahu hal itu tak baik. Baca ini serasa diingatkan lagi.
    Nuhun. :)

    ReplyDelete
  22. Anyang anyangan emang bikin tersiksa mbak. Kapok pokoknya mah heuheu

    ReplyDelete
  23. Hahaha paling sering nahan pipis... Pantes suka sakit kl kelamaan nahan..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...