Monday, May 21, 2018

Pilihan Model Kerudung untuk Buka Puasa Bersama




Assalamualaikum. Apa kabar puasanya nih? Semoga puasa kita berhasil dan diterima oleh Allah Swt. Kalau sudah memasuki bulan puasa, ada satu kegiatan yang pastinya pernah kita ikuti selama bulan puasa, yaitu buka puasa bersama. Selain buka puasa bersama di rumah, kadang-kadang kita juga mengikuti buka puasa di luar rumah bersama keluarga, teman, kelompok arisan, dll.


Kerudung Instan
Kerudung instan atau biasa disebut bergo adalah model kerudung paling praktis dan simple. Kita tidak membutuhkan peniti atau jarum pentul lagi untuk menyatukan kedua sisinya karena sudah dijahit dan tinggal dimasukkan ke dalam kepala.

Walaupun penggunaannya mudah, model kerudung instan ini beraneka ragam bahkan ada yang terlihat mewah. Dengan kain yang bertumpuk-tumpuk dan semuanya sudah dijahit di bagian dalam, membuat kita tetap bisa terlihat formal saat mengenakannya. 

Pemilihan model kerudung instan disesuaikan dengan acaranya. Bila acaranya formal, pilihlah kerudung instan dengan tampilan mewah. Sedangkan kalau acaranya santai, kita bisa memilih kerudung instan yang tak terlalu mewah. 

Menggunakan kerudung instan juga memudahkan kita saat mengambil wudhu untuk salat magrib setelah berbuka puasa bersama. Biasanya jika acara buka puasa bersama itu diadakan di restoran atau mal,
masjidnya akan penuh sehingga akan repot mengambil wudhu.

Kerudung Segi Empat
Kerudung segi empat masih menjadi kerudung yang paling disukai, karena banyak yang mengenakannya. Penggunaannya memang agak repot, karena harus dikaitkan dengan peniti atau jarum pentul. Tapi karena memiliki banyak variasi jenis bahan dan corak, kerudung segi empat pun tetap disukai. 

Untuk acara buka puasa bersama di luar rumah, sebaiknya mengenakan kerudung segi empat dari bahan katun atau maxmara yang lebih solid di kepala sehingga tidak mudah merosot dan gampang diatur kembali setelah berwudhu.

Penggunaan kerudung segi empat juga harus disesuaikan dengan busana yang dipakai. Jika bajunya polos, maka gunakan kerudung segi empat yang bercorak. Sedangkan jika bajunya bercorak, gunakan kerudung segi empat yang polos. 

Jangan sampai menggunakan kerudung segi empat yang bercorak untuk pakaian yang juga bercorak karena akan terlihat ramai dan tidak enak dilihat. Sedangkan jika kerudung dan baju sama-sama polos, akan terlihat terlalu sederhana dan tidak menarik.

Kerudung Pashmina
Salah satu rekomendasi model kerudung lainnya adalah kerudung pashmina​, yaitu kerudung yang bentuk bahannya memanjang. Kerudung pashmina juga ada yang polos dan bercorak. Pemakaian kerudung pashmina bermacam-macam, sesuai dengan kreativitas. 

Pilihlah bahan kerudung pashmina dari katun, rawis, atau kaus yang fleksibel dipakai untuk berbagai acara dan memudahkan saat mengambil wudhu. Bahan pashmina yang disebutkan di atas itu juga dapat menyerap keringat dan mudah dibentuk, sehingga kita akan nyaman mengenakannya. 

Ada sebagian muslimah yang kesulitan menggunakan pashmina, maka bisa juga memakai pashmina instan yang sudah dijahit pada bagian sisi-sisinya sehingga tinggal dimasukkan ke dalam kepala.

Kerudung Turban
Saat ini, kerudung turban menjadi pilihan muslimah urban yang menginginkan kepraktisan. Model kerudung turban mirip surban, yang dililitkan di kepala. Kerudungnya bisa menggunakan kerudung pashmina atau turban instan yang sudah dijahit dan dipakai seperti memakai surban. 

Akan tetapi, kerudung ini tidak menutup dada dan leher, sehingga pemilihan busananya pun harus lebih hati-hati. Gunakan dalaman ciput yang panjang dan menutupi leher, kemudian disambung dengan dalaman manset dengan kerah menutup leher (yang dipakai di dalam blus atau gamis).

Kemudian untuk busananya, pilihlah busana yang longgar sehingga tidak membentuk di bagian dada. Kerudung Turban ini memang sangat praktis, karena tidak usah dibuka dan dipasang kembali setelah mengambil wudhu. Asalkan memperhatikan kaidah pemakaian busananya agar tetap sesuai syariat, yaitu tidak membentuk tubuh.

Itu dia pilihan model kerudung untuk buka puasa bersama. Kamu mau pilih yang mana? Kalau saya sih lebih suka memakai kerudung segi empat atau kerudung pashmina karena koleksi kerudung tersebut mendominasi lemari pakaian saya. Apa pun pilihan model kerudungnya, pastikan tetap sesuai syariat ya.

2 comments:

  1. Cocok pilihan pakai yang praktis tapi kece ya, pashmina koleksiku masih sedikit karena dulu punya bayi suka ditarik-tarik sih.

    ReplyDelete
  2. saya lebih senang pake bergo dan segi empat :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...