Monday, May 14, 2018

Kirim Barang Kini Bisa di Alfamart via Alfatrex



Halo Bu Ibu milenial, siapa yang sehari-hari menggunakan jasa logistik untuk kirim-kirim barang? Saya tunjuk tangan. Meskipun tidak setiap hari menggunakan jasa pengiriman barang, saya tetap membutuhkannya karena sesekali ada pembaca buku saya memesan buku langsung ke saya. Eh ciee.. mentang-mentang bukunya masih ada yang baca. 


Di era digital ini, banyak lho Ibu-ibu yang memutuskan untuk bekerja dari rumah karena ingin lebih dekat dengan anak. Sebagian besar membuka toko online yang memasarkan produknya melalui internet. Para konsumen akan memesan barang melalui internet, kemudian penjual mengirimkan barang ke alamat konsumen menggunakan jasa logistik. 

Saya termasuk satu dari ibu-ibu itu walaupun tidak punya toko online. Saya hanya meneruskan hobi sejak remaja yaitu menulis buku. Sejak ada internet, saya tak sekadar menulis tapi juga menjualnya sendiri. Saya menawarkan buku-buku saya di media sosial. Selain itu, saya juga membuka kursus menulis bersama seorang teman. Setiap peserta akan mendapatkan 2 eksemplar buku kami. Jadi, untuk pengiriman buku-buku itu saya membutuhkan jasa logistik. 

Buku yang siap dikirim

Dulu saya sempat kesulitan mencari jasa logistik di tempat tinggal saya sehingga sering menitipkan paket ke suami yang akan dibawa ke kantornya. Akibatnya, paket tak selalu tiba tepat waktu karena terkadang suami lupa mengirimkannya. Suami juga sering malas membawa paket-paket itu ke kantornya karena berat. 

Alhamdulillah, sekarang sudah lebih mudah karena jasa pengiriman di tempat saya sudah mulai bermunculan meskipun tetap lokasinya cukup jauh dari rumah saya. Makanya saya senang sekali kemarin menghadiri peluncuran Alfatrex, di The Pallas, SCBD Jakarta tanggal 7 Mei 2018. Sst... kini kita bisa mengirimkan barang di Alfamart via Alfatrex lho. Wah, apa itu ya? Bukan Startrek lho. 

Alfamart Digital Business
Sebelum menjelaskan tentang Alfatrex, Bapak Bambang IBT Director of Alfamart menjelaskan tentang Alfamart Digital Business, salah satu inovasi dari Alfamart di era digital agar tak ketinggalan zaman.  Alfamart ingin membantu masyarakat sebagai konsumen maupun wirausaha agar lebih mudah memenuhi semua kebutuhannya bahkan melalui genggaman tangan. 

Bapak Bambang. Foto: Dok. Alfamart

Jadi gini, Bu. Total populasi X,Y,Z di negara kita ini adalah 235 juta. Atau 91 persen dari total penduduk. Generasi X adalah orang yang lahir antara tahun 1960-1980. Generasi Y adalah orang yang lahir antara tahun 1980-2000. Dan generasi Z adalah orang yang lahir antara tahun 2000-sekarang. 

Generasi milenial itu adalah generasi Y yang lahir antara tahun 1980-2000 dan itu berarti saya salah satunya. Generasi Y ini menghabiskan 95 persen waktunya di dunia digital. Haissh... pas banget nih surveinya karena saya memang hampir selalu online. Ngapaian aja sih? Ya skrolling media sosial, nulis di blog, buka-buka situs e-commerce, cek email, dan sebagainya. 

Bpk Bambang jelaskan tentang Alfamart Digital Business

Nah, omong-omong soal belanja online.... Data dari Ecommerce Foundation Report 2017 menyebutkan bahwa pertumbuhan pembeli online (e-shopper) di Indonesia sebanyak 24%. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan negara lain seperti India, China, Saudi Arabia, dll. Widih... saya sendiri sekarang lebih sering belanja via online terutama untuk fashion dan aksesori. Kalau belanja groceries atau kebutuhan sehari-hari tetap di Alfamart karena dekat dari rumah. 

Siapa yang di daerahnya belum ada Alfamart? Sepertinya menemukan Alfamart sekarang ini seperti menemukan semut di dekat makanan manis. Alias, Alfamart mudah ditemukan di mana-mana. Kini di tempat tinggal saya pun jarak dari rumah ke Alfamart hanya 1 kilometer. Jumlah toko Alfamart di Indonesia memang sudah mencapai 13.477 di 24 provinsi dengan jumlah konsumen loyal sebanyak 8,9 juta dan transaksi per hari 4,2 juta. 

Alfamart untuk Indonesia

Banyak yang mengira bahwa Alfamart mematikan warung-warung kecil di sekitarnya. Bapak Bambang menegaskan bahwa itu TIDAK BENAR. Mengapa? Karena Alfamart menjual barang yang berbeda dengan yang ada di warung. Saya membuktikan sendiri. Alfamart tidak menjual barang-barang rencengan seperti cemilan seharga seribuan, deterjen renceng, shampo renceng, minyak goreng seperempat liter, dll. 

Jadi, untuk belanja kebutuhan sehari-hari itu saya sering gonta-ganti kadang di Alfamart, kadang di warung tetangga. Di warung tetangga saya, tidak ada susu cair ukuran 1 liter tapi di Alfamart ada. Ya sudah pasti saya harus ke Alfamart untuk membeli susu 1 liter. Susu kaleng pun tidak ada di warung tetangga karena mereka tidak berani menyetok, modalnya besar. Warung hanya menyetok susu sachetan yang itu tidak ada di Alfamart. 

Intinya, Alfamart dan warung tetangga itu saling melengkapi. Bahkan, Alfamart mengajak warung-warung untuk ikut berkembang dengan menata barang-barangnya sebaik mungkin agar pembeli tertarik yaitu dengan Alfamart Digital Business yang memiliki 6 lini: 

Alfa Mikro 
Bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan membangun kerjasama dan membantu usaha kecil menengah untuk bisa bertahan bersama dengan toko ritel modern seperti Alfamart. Dan tentu saja juga bertujuan untuk membangun semangat dan keahlian wirausaha UKM sehingga dapat berkompetisi secara sehat. 

Bantuan Alfamart dapat dilihat dari perubahan warung-warung yang semula seadanya, menjadi lebih menarik dilihat. Warung-warung yang dibina itu berada di sekitar outlet Alfamart dan telah disurvei untuk bekerjasama dan difasilitasi sebagai member SSP. Melalui Aplikasi Alfa Mikro, warung dapat melakukan pemesanan barang dari toko Alfamart dengan harga jual khusus. Di Alfamart juga dapat ditemukan produk-produk UKM khas daerah seperti kerupuk Palembang, Lapis Legit, dan lain-lain. 

Alfamind
Ini adalah aplikasi digital buatan PT Sumber Alfaria Trijaya dengan konsep Augmented Reality yang bertujuan untuk mengajak setiap orang menjadi pemilik toko tanpa modal yang besar. 

Dengan kata lain, melalui AlfaMind ini kita bisa punya toko sendiri yang mana produk-produknya menggunakan teknologi 3 dimensi sehingga bisa dilihat bagian depan, belakang, dan bawah. Untuk memiliki toko virtual ini, kita cukup mengeluarkan modal Rp 100 ribu. Nantinya, kita bisa tawarkan barang-barang yang ada di toko virtual itu kepada orang-orang di sekitar kita. Pembeli akan membayar secara cash kepada kita, sedangkan biaya pembelian dipotong dari saldo kita yang ada di AlfaMind. 

Sudah tentu total pembelian tidak boleh melebihi saldo. Lalu nanti siapa yang mengirim barangnya kepada pembeli? Pengirimnya adalah PT Sumber Alfaria Trijaya. Kita sebagai pemilik toko hanya cukup menawarkan barang-barang di toko virtual itu kepada orang-orang di sekitar kita. 

Alfa Pop
Inovasi lainnya dari Alfamart Digital Business adalah Alfa Pop, yang ditujukan untuk konsumen yang ingin berbelanja di toko online tapi terkendala sinyal internet atau bahkan belum terhubung dengan internet. Barang-barang yang dibeli tentunya tidak ada di Alfamart, seperti barang elektronik dan fashion. Jadi, konsumen tinggal mendatangi toko Alfamart terdekat, lalu menggunakan layanan Alfa Pop untuk memesan barang-barang tersebut.

Bisa juga untuk konsumen yang tidak punya rekening bank.  Kita tahu kan kalau mau belanja di toko online itu harus punya rekening bank karena pembayarannya via transfer bank. Nah, melalui Alfa Pop, konsumen tetap bisa berbelanja di toko online dengan membayar melalui Alfamart. Haissh... mudah sekali ya.

Alfagift
Layanan digital lainnya dari Alfamart adalah Alfagift, yaitu hadiah-hadiah yang diberikan oleh Alfamart kepada para pelanggan setianya. Dengan menggunakan aplikasi Ponta, konsumen bisa mendapatkan poin yang berfungsi sebagai uang. Misalnya, berbelanja nominal tertentu, mendapatkan poin Ponta 5000 itu artinya kita mendapatkan uang RP 5000 yang bisa digunakan untuk berbelanja lagi. Ada juga voucher potongan harga dari merchant-merchant yang bekerjasama dengan Alfamart, program-program spesial, dan lain-lain.

Promo di Aplikasi Ponta


Alfacart
Ini adalah portal dari Alfamart Digital Business di mana kita bisa berbelanja berbagai barang kebutuhan secara online, kemudian dibayar dan diambil di toko Alfamart terdekat. Fungsinya memudahkan memilih barang yang kita butuhkan dan pilihan barangnya juga lengkap seperti halnya e-commerce lain. Jika barang tidak sesuai juga bisa dikembalikan dengan mengirimnya ke toko Alfamart. 

Alfatrex 
Nah ini dia program terbaru yang  kemarin diluncurkan. Alfatrex adalah layanan pengiriman yang terpercaya sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Alfatrex memiliki 3 semboyan dalam melayani pelanggannya, yaitu: Kecepatan, Ketepatan, dan Terpercaya. Apa sih Alfatrex ini? Masih belum mengerti? Ini adalah jasa pengiriman dengan memanfaatkan 13.500 toko Alfamart di seluruh Indonesia.

Apa sajakah layanan Alfatrex? Ibu Amelia menjelaskannya di sesi kedua.

Door to Door 
Yaitu antar jemput paket dari rumah kita ke tempat tujuan. Kurir Alfatrex akan ke rumah kita untuk mengambil paket. Pengambilan terakhir jam 6 sore. Paket bisa dilacak melalui Aplikasi Alfatrex.



Store to Door
Nah kalau ini kita menaruh barang di toko Alfamart terdekat lalu kurir Alfatrex akan mengambilnya dan mengirimkannya ke alamat tujuan. Drop paket sesuai waktu operasional Alfamart yaitu jam 7 pagi sampai 9 malam. Paket juga bisa dilacak menggunakan aplikasi Alfatrex. Jangan khawatir, paket akan diambil kurir di hari yang sama. Jadi setiap hari akan ada kurir Alfatrex.

Store to Store
Ini adalah layanan antar jemput paket di toko Alfamart. Misalnya  saja rumah kamu sering kosong, jadi kalau ada paket penting khawatir tidak ada yang menerima. Kamu bisa pakai alamat toko Alfamart terdekat lalu kamu minta pengirim untuk mengirimkannya ke alamat tersebut. Nanti kamu yang akan mengambil barangnya di toko Alfamart terdekat. Begitu juga sebaliknya jika kamu ingin mengirim barang dan rumah orang yang akan kamu kirimi barang itu sering kosong. Daripada galau karena tak ada tetangga yang mau dititipi, lebih baik pakai alamat Alfamart terdekat.

Door to Store
Hampir serupa dengan Store to Store, bedanya barang diambil di rumah pengirim lalu diantarkan ke alamat toko Alfamart terdekat si penerima.

Alfatrex memiliki 4 keunggulan produk yaitu:
Same Day Service: kurang dari 15 jam, paket akan diantar ke tempat tujuan.
Next Day Service: pengantaran paket kurang dari 48 jam.
Reguler Service: pengiriman barang ke seluruh Indonesia dengan tarif terjangkau.
Economy Service: pengiriman barang dalam jumlah besar dengan harga ekonomis.

Berapa biaya pengiriman melalui Alfatrex? Untuk wilayah Jabodetabek dengan berat 1 kg, ternyata hanya Rp 8.000 saja. Caranya:

Daftar di website Alfatrex dengan mengisi nama, email, dan nomor telepon.
Isi data paket seperti nama penerima, alamat, berat, dll.
Booking pengiriman dengan klik "Kirim Sekarang."
Pilih satu dari 4 layanan, misal store to door.
Lacak paket melalui website https://www.alfatrex.id/



Setelah penjelasan mengenai Alfatrex, diluncurkanlah layanan ini dengan menghadirkan para kurir Alfatrex berbaju merah yang siap mengantarkan paket kita ke tempat tujuan.

Launching Alfatrex 

Acara masih dilanjutkan dengan talkshow antara Bapak Bambang, Ibu Lisa (Director Blibli.com), dan Mira Sahid selaku founder Kumpulan Emak Blogger yang saling berbagi pengalaman di dunia digital, khususnya melakukan transaksi digital melalui e-commerce.

Narasumber Talkshow

Intinya semua sepakat bahwa saat ini kita sangat dimudahkan oleh teknologi, termasuk bila ingin berwirausaha dan memiliki toko sendiri. Kita bisa memanfaatkan Alfamart Digital Business. Bagi ibu yang di rumah, bisa mencari tambahan penghasilan dengan berjualan online. Bagi UKM juga bisa memperluas pemasarannya dibantu oleh Alfamart Digital Business. Layanan pengirimannya? Ya pakai Alfatrex.

Coba sekarang dan dapatkan voucher gratis ongkir dengan potongan maksimal Rp 8.000 dengan menggunakan kode ALFATREXLAUNCHING pada proses terakhir. Kode ini berlaku sampai 3 kali pengiriman untuk 1 pengguna terdaftar. Untuk pengiriman Jabodetabek 1 kg pertama, jadinya gratis ongkir dong. Coba Alfatrex sekarang! 


19 comments:

  1. Wah alfamart makin mempermudah aja ya buat yang mau kirim2 barang karena orang nggak perlu jalan jauh untuk sampai ke tempat pengiriman ya. Great!

    ReplyDelete
  2. Jadi makin cinta deh sama Alfamart! Udah nggak perlu jauh-jauh lagi buat kirim barang, langsung taruh sekalian belanja di Alfamart aja :D

    ReplyDelete
  3. Waaah mantabz.. jadi makin deket buat kirim pakeeet.

    ReplyDelete
  4. Sukses buat pengelola alfamart yang memiliki terobosan terobosan spektrakuler

    ReplyDelete
  5. Alfa makin banyak aja nih bisnisnya, sampe ekpedisi pun sekarang udah ada yaks.

    ReplyDelete
  6. Lamayan lengkap dan membantu para ibu millenial nih yg sibuk sama kerjaan.. selama ini beli langsung ke toko aja, belum coba inovasi terbaru dari alfa ini.. semoga hasilnya memuaskan

    ReplyDelete
  7. mpo termasuk satu dari 89 juta yang loyal di alfamart. dekat dan promosinya itu yang ditunggu

    ReplyDelete
  8. Thanks ya mba infonya...jadi punya alternatif lain kalau mau kirim barang

    ReplyDelete
  9. Ini bisa di semua Alfamart tho Mba Ela? Pengirimannya juga bisa ke seluruh Indonesia ya berarti? Alfa makin lama makin banyak inovasinya, ya.. :)

    ReplyDelete
  10. Alfamart mencoba memanfaatkan jaringan tokonya yg tersebar banyak di Indonesia. Jadi memudahkan orang-orang mengirimkan barang! :-)

    ReplyDelete
  11. Wah udah bisa ya semua Alfamart? Kebetulan mau kirim paket nih. Itu yg jemput paket sama kurir ada minimal paketnya gak mbak?

    ReplyDelete
  12. Gk perlu kena macet lagi nih apalagi kalau mager, pas bnget utk belanja jadi mudah dan praktis, trus mba ela mau kirim apa ke akuhh

    ReplyDelete
  13. Semakin banyak ya inovasinya. Tapi setau ku ada juga tuh Alfamart yg dukung warung2, apa ya lupa nama programnya...

    ReplyDelete
  14. Keren ya aku baru ngeh kalau Alfamart ada Alfatrex ekspedisi yang cepat, tepat dan terpercaya. Toko Alfamart sudah tersebar luas ya sampai 13.500 wow... Kapan2 mau coba kirim barang ah via Alfatrex ��

    ReplyDelete
  15. macam-macam yah cabangnya jadi memudahkan masyarakat untuk menambah kepercayaan pada Alfamart. Mpok Alfa pake ini juga gak yah?

    ReplyDelete
  16. Makin keren nih Alfamart, banyak kemudahan yang ditawarkan, semakin memudahkan kita memenuhi kebutuhan hidup. Keceeee

    ReplyDelete
  17. Baru tahu kalau Alfamart bisa kirim barang, jadi ga perlu jauh² deh ya...rmh ku Deket sama Alfamart soalnya

    ReplyDelete
  18. sekarang jadi makin mudah, apalagi buat para online seller tinggal kirim barang di alfamart terdekat

    ReplyDelete
  19. Sekarang jd makin mudah belanja. Era digital ini, semual hal kehidupan jd semakin praktis dan simple

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...