Tuesday, May 22, 2018

Nutrisi Otak untuk Anak Tanggap yang Lengkap




Minggu lalu saya sudah menulis artikel tentang anak tanggap yang lengkap yang saya dapatkan informasinya dari acara Buzzer & Blogger Gathering Bebelac. Artikel pertama bisa dibaca saja di sini ya. 


Anak tanggap yang lengkap dapat diperoleh dari hasil stimulasi kedua orangtuanya. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah nutrisi untuk otaknya. Anak tanggap yang lengkap justru dimulai dari otaknya. Nutrisi yang tepat dapat mendukung perkembangan otak anak sehingga anak memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan sosial. 

Itulah mengapa, kita harus memperhatikan asupan nutrisi anak yang mendukung perkembangan otak anak. Beruntung sekali saya dapat informasi mengenai nutrisi yang penting ini dari acara Bebelac beberapa waktu lalu, karena ada dr. Nur Aisiyah Widjaya, SpA(K) seorang Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak yang menjelaskan secara gamblang mengenai nutrisi penting untuk mendukung kecerdasan anak di usia emasnya. 

dr. Nur Aisiyah

Pertumbuhan anak dimulai sejak anak ada di dalam kandungan. Pertumbuhan fisik anak adalah tubuh anak bertambah besar, termasuk sel otaknya. Kalau ingin anak memiliki pertumbuhan yang bagus, nutrisinya harus bagus juga.

Secara keseluruhan, proses pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh nutrisi, stimulasi, dan genetik. Genetik hanya berpengaruh 20%. Jadi kalau orangtuanya pendek, genetik tersebut hanya berpengaruh 20% terhadap anak. Nutrisi yang bagus dapat memperbaiki faktor genetik. 

Nutrisi yang kita makan sehari-hari ada zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak). Protein yang bagus adalah protein hewani. Sayuran tidak mengandung protein dan lemak. Sangat tidak disarankan jika anak hanya mengonsumsi sayuran. Anak harus mengonsumsi zat gizi makro yang lengkap. Sayuran hanya sekadar diperkenalkan kepada anak. 

Protein hewani lebih mudah diserap oleh tubuh anak, seperti daging sapi dan daging merah lainnya. Jika anak tak tercukupi nutrisinya, maka pertumbuhan sel otaknya tidak baik dan tentunya akan mempengaruhi perkembangan otak. Salah satunya dapat mengakibatkan stunting. 

Stunting adalah kondisi kurang gizi pada anak, sehingga tubuh anak lebih pendek daripada usianya. Kelak ke depannya, anak akan kesulitan mewujudkan cita-citanya. Tahu sendiri kan, untuk mendapatkan pekerjaan saat ini juga dilihat dari tinggi badannya. 

Pertumbuhan yang optimal harus dicapai saat usia 0-2 tahun. Usia 0-1 tahun tinggi anak naik 25 cm, dan usia 1-2 tahun naik 12,5 cm. Semakin bertambah umur, maka akan semakin sedikit pertambahan tingginya. Jadi memang penting sekali memperhatikan nutrisi anak pada usia emasnya, selain memberikan pendidikan anak..

Sejak awal, anak harus mendapatkan makanan dengan nutrisi yang cukup. Satu lagi, nutrisi itu juga harus bisa bersahabat dengan pencernaan anak. Percuma kalau kita memberikan makanan ke anak, tapi justru menganggu pencernaan anak seperti tidak bisa diserap oleh tubuh anak atau mengakibatkan diare.  

Di dalam saluran pencernaan anak ada kuman baik. Kalau kuman baiknya banyak, maka akan mempengaruhi fungsi otak. Sebisa mungkin, saluran pencernaan anak harus dijaga agar fungsi otaknya normal. Gangguan pencernaan pada anak  sudah tentu akan menganggu fungsi otak dan perkembangan kognitif anak. Nutrisi tidak tergantikan pentingnya dalam pertumbuhan dan perkembangan anak di usia emasnya. 

Protein hewani yang mudah diserap oleh anak itu salah satunya adalah susu. Susu tambahan dapat diberikan saat anak berusia 1 tahun ke atas. Gisella sebagai brand Ambassador Bebelac, memang memberikan Bebelac sebagai salah satu pendukung nutrisi si kecil. Bisa dilihat di atas panggung, Gempi memiliki tanggap yang lengkap karena pintar bersosialisasi, tidak takut diajak mamanya ke atas panggung. 

Gisella bercerita soal Gempi

Saya juga memberikan Salim Bebelac 3 baru yang disempurnakan karena mengandung Minyak Ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan. Oh ya, penting lho memberi Omega 3 & 6 sebagai nutrisi otak anak, juga FOS:GOS 1:9, 13 Vitamin dan 9 Mineral. 

Alhamdulillah, selama di lokasi acara ini, Salim dapat berbaur dengan teman-temannya tanpa ada drama menangis, bertengkar, dan sebagainya.Salim juga dapat langsung akrab dengan para pembimbing yang mengajak Salim untuk menggambar dan mewarnai. Saya jadi bisa mendengarkan talkshow dengan tenang. 

Salim dan temannya

Sebagai susu tambahan, Bebelac 3 diberikan sejak anak berusia 1-3 tahun dan tentunya hanya untuk menambah nutrisi. Jadi, Ibu tetap harus memberikan makanan padat untuk anak. 

Saya biasanya memberikan susu Bebelac 2 kali sehari. FOS:GOS 1:9 yang ada pada Bebelac itu bagus untuk menyehatkan saluran pencernaan anak. Jika saluran pencernaan anak tidak sehat, anak akan rewel karena perutnya tidak enak. Otomatis, Ibu tidak bisa memberikan stimulasi.

Jadi, memang penting kan pemberian nutrisi dan stimulasi untuk anak tanggap yang lengkap? 

18 comments:

  1. Ngeri banget denger kasus stunting di Indonesia, oleh karena itu penting banget za mbak pemberian nutrisi seimbang buat anak

    ReplyDelete
  2. Aku masih agak bingung soal stunting mbak... Apa beda stunting yang disebabkan karena kekurangan gizi dan memang postur nya yang pendek karena keturunan...? Atau memang faktanya tidak ada orang yg pendek karena keturunan kah?

    ReplyDelete
  3. Penting mencukupi gizi mereka ya mak, juga menstimulasi supaya anak anak punya tanggap yang lengkap

    ReplyDelete
  4. Penting bngt memberi nutrisi yg lngkap di tmbh susu yg kandungannya juga bagus spt bebelac

    ReplyDelete
  5. Umur 0-2 tahun itu emang masa-masa krusial ya. Sebagai mamak-mamak baru saya kadang takut salah langkah. Duuhhh.
    Terimakasih atas sharingnya ini mba..

    ReplyDelete
  6. Nah kan genetik hanya berperan 20% so saat orang tua pendek bukan berarti anak pendek. Tetap cek apakah stunting atau tidak.

    ReplyDelete
  7. Semoga anak-anak Indonesia bisa terbebaskan dari stunting ya bunsay.
    Nustrisi otak sangat penting setelah pemenuhan gizi seimbang, apalagi kalau susu nya Bebelac :)

    ReplyDelete
  8. Sekarang makanan sehat harus terpenuhi nutrisi dan gizinya y

    ReplyDelete
  9. Anakku yg pertama juga dulu susunya bebelac mba, selain harganya yg terjangkau, kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah keluargaku ga Ada yg stunting. Mungkin krn suka makan protein hewani ya. Tahu sendiri org sumatera itu doyan banget protein hewani. Susu juga.. Dan keponakanku salah satunya minum susu bebelac.. setelah asi

    ReplyDelete
  11. Hm stunting bisa dicegah, asal kebutuhan gizinya terpenuhi ya. Tetep asupan susu ga boleh diabaikan

    ReplyDelete
  12. Kalo soal susu anak emang ga boleh salah pilih ya bun. Harus yg tepat agar bisa tanggap yang lengkap

    ReplyDelete
  13. Perkembangan dan nutrisi anak harus lebih diperhatikan ya Mba. Kandungan susu bebelac bagus juga ya.

    ReplyDelete
  14. salim pinter sudah mudah membaur dengan teman-teman baru... berarti sudah cerdas sosial ya mbak...

    ReplyDelete
  15. Susu memang dibutuhkan di masa pertumbuhan anak, saya pernah agak kebingungan waktu anak saya ga mau minum susu.

    ReplyDelete
  16. Ternyata menjadi orang tua juga harus memerhatikan apakah anak kita stunting atau ngga ya, Mba. Dan semuanya tergantung sama kecukupan gizi dan nutrisi untuk perkembangan otaknya. Salim kelihatan lincah dan gampang membaur sama teman-teman, ya. Senangnya :).

    ReplyDelete
  17. penting banget ya memberikan susu yang tepat buat si kecil dimasa pertumbuhannya, semoga semakin banyak para ibu yang mulai peka terhadap kebutuhan buah hatinya agar tidak mengalami stunting

    ReplyDelete
  18. Huwaaa ada foto kifah sama salim, ini anak dua emang lagi masa emas pertumbuhan, harus banyak dikasih susu bernutrisi yaks sama emak2nya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...