Monday, May 14, 2018

Cara Ibu Rumah Tangga Belanja Hemat di Bulan Ramadan


Ramadan Tiba... Ramadan Tiba... Alhamdulillah tak terasa beberapa hari lagi puasa ramadan. Utang puasanya sudah dibayar kan Bu Ibu? Awas jangan sampai lupa bayar utang. Sebagai seorang Ibu tentunya kita mempersiapkan hal-hal penting yang menyangkut logistik di bulan Ramadan. 


Contohnya saja, kurma, sirup, bahan-bahan untuk membuat kue, sampai mukena dan sarung untuk salat tarawih. Memang sih tak perlu yang baru tapi kalau mukena sudah usang, bolehlah beli lagi. Namanya mau menghadap Allah sering-sering, usahakan penampilan terjaga karena Allah menyukai kebersihan dan keindahan.

Biasanya nih, jelang Ramadan begini mal-mal dan toko-toko akan ramai karena banyak orang yang ingin berbelanja kebutuhan Ramadan. Bagaimana dengan saya? Ramadan memang harus ekstra menjalaninya karena pahalanya juga ekstra. Asal tidak boros dan mubajir. Untuk persiapan sahur dan buka puasa, rasanya wajar saja kalau menambahkan beberapa menu yang sebelumnya tidak ada di luar bulan Ramadan. 

Bagi saya, menu tambahan itu menjadi penyemangat untuk anak-anak saya yang baru memasuki tahun kedua berpuasa penuh. Saya ingat waktu kecil dulu juga semangat berpuasa karena membayangkan menu buka puasa dan sahur yang spesial. Akan tetapi, saya belum sempat berbelanja ke mal karena sibuk urus ini dan itu. Solusinya, belanja online dong. Tentunya tempat belanja online yang komplit adalah Tokopedia.
Seperti yang saya sebutkan tadi, walaupun kita ingin Ramadan lebih ekstra spesial tapi ingat jangan boros dan mubajir. Simak nih,

Tips belanja ibu rumah tangga via online yang hemat untuk kebutuhan di bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :

Jangan Lupa Bandingkan Harga Dulu di Setiap Toko Online yang Ada di Tokopedia
Di Tokopedia itu kan ada banyak toko online yang bagus-bagus, mereka menjual barang-barang yang sama di setiap kategori dengan harga berbeda-beda. Jadi sebelum membeli, bandingkan dulu harga barangnya siapa tahu dapat yang lebih murah. Misal mau beli kurma di toko A, lihat dulu harganya di toko B. Siapa tahu toko B lebih murah. Perlu banget nih menerapkan cara ini supaya belanja online di bulan Ramadan jadi lebih hemat

Utamakan Membeli Produk berkualitas dari Perajin Lokal
Beli barang branded dengan harga selangit? No... no... no.... Kita tetap bisa menggunakan barang berkualitas dengan harga bersahabat untuk menemani kita di Ramadan Ekstra ini. Di Tokopedia itu ada banyak banget lho produk buatan perajin lokal dengan kualitas bersaing tapi harga lebih ramah ATM. Cinta produk lokal, wajib dong. 

Pilih Toko Online yang Berdomisili di Dekat Rumah Kita 
Yang namanya belanja online pasti kena biaya ongkir kan. Supaya biaya ongkirnya tidak mahal, pilihlah toko online yang domisilinya tidak jauh-jauh dari rumah kita. Misalnya seperti saya yang rumahnya di Bogor, belanja di toko online yang berdomisili di Depok atau Jabodetabek. Otomatis biaya ongkirnya tidak mahal. 

Pilih Metode Pembayaran yang Sesuai
Nah ini lagi. Di Tokopedia ada berbagai metode pembayaran dari tokocash, transfer bank, cicilan, kartu kredit, bahkan di minimarket. Pilih deh salah satunya yang meminimalisir biaya transaksi. Misalnya kalau pakai transfer bank, usahakan banknya sama supaya tidak ada biaya transfer. Kalau dekat dengan minimarket, bayarlah di minimarket karena biaya transaksi lebih murah. Kalau punya kartu kredit ya pakai kartu kredit saja. 

Pilih Metode Pengiriman yang Efisien dan Hemat
Tokopedia juga menyediakan pilihan metode pengiriman dengan harga yang berbeda-beda. Misalnya ada yang menerapkan harga 1 kg Rp 9000, ada yang 10000, dll. Pilih deh yang paling hemat. Kadang-kadang promo biaya pengiriman juga dari jasa transportasi online tertentu. Jangan lupa dimanfaatkan ya promonya.

Jangan Ketinggalan Promo dan Diskon
Ibu rumah tangga mana yang tidak suka diskon? Di Tokopedia juga banyak promo dan diskon, apalagi di bulan Ramadan ini ada promo Ramadan Ekstra. Promo dan diskon ini bisa bikin belanja online jauh lebih hemat. 

Promo Ramadan Ekstra Tokopedia perlu banget deh kita tungggu teruta.a di tanggal  25 Mei nanti ada kejutan yang luar biasa dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Ini seperti Festival belanja online “Black Friday” yang ngehits itu lho. Penasaran kan Bu kejutan apa yang bakal bikin pengalaman belanja online kita di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih hemat dan spesial? 



Tentunya kejutan ekstra dari Tokopedia ini akan membuat saya lebih bisa menghemat pengeluaran rumah tangga dan menabung untuk kebutuhan lebaran. Jangan lupa lho, setelah Ramadan masih ada Lebaran. Makanya harus manfaatkan benar kejutan ekstra dari Tokopedia ini. Biar Ramadan khusyuk tidak memikirkan uang yang terbatas dan bisa fokus mengajari anak-anak membaca Al Quran.

Baca Juga: Cara Praktis Mengajari Anak Menghapal Al Quran 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...