Tuesday, March 19, 2019

Insomnia? Ini Cara Mengatasinya



Insomnia jangan dianggap sepele. Tubuh kita memiliki hak untuk tidur dan beristirahat sebanyak 7-8 jam sehari. Pernah baca berita tentang seorang karyawan muda yang tidak tidur selama 3 hari karena menyelesaikan pekerjaan, lalu di hari ke-4 dia meninggal dunia?



Profesi blogger dan penulis berpotensi untuk membuat kita rajin begadang. Sebab, menulis saat malam hari itu memang asyik. Suasana sepi, ide pun mengalir lancar. Akan tetapi, begadang terlalu sering tidak diperbolehkan. Tubuh harus beristirahat dan tidur di malam hari.

Pembersihan organ hati dari racun dilakukan pada malam hari dan kita harus dalam kondisi tidur. Kalau tidak tidur, organ hati pun tidak bisa dibersihkan. Banyak racun yang mengendap di tubuh, tentunya akan memunculkan banyak penyakit. Terutama kanker hati.

Insomnia adalah masalah sulit tidur yang berkelanjutan. Jadi bukan hanya sehari dua hari sulit tidur ya, melainkan setiap hari. Beberapa penyebab insomnia, sebagai berikut:

Kebiasaan Tidur
Sudah terbiasa begadang membuat kita mengalami insomnia. Misalnya, kita terbiasa tidur jam 2 pagi. Ya, sulit untuk mengubah kebiasaan itu. Sebelum jam 2 pagi, mata tak bisa memejam.

Stres
Otak yang penuh pikiran buruk atau stres juga menyebabkan kita sulit tidur. Stres bisa datang dari mana saja, terutama dari kondisi ekonomi dan sosial. Saya pernah mengalami stres yang menyebabkan sulit tidur. Entah mengapa, sumber stres itu terus ada di pikiran sehingga saya tak bisa tidur. 

Gangguan Kesehatan 
Beberapa penyakit akan menyebabkan insomnia. Memang kalau kita sedang sakit, tidur pun tak enak. Rasa sakit membuat kita sulit tidur nyenyak. 

Lingkungan Tak Nyaman 
Kondisi lingkungan yang tak nyaman juga bisa menyebabkan kesulitan tidur, misalnya rumah berada di sisi jalan raya atau rel kereta api yang bising, bertetangga dengan orang yang suka berisik seperti menyalakan musik keras-keras, dan sebagainya. 

Kondisi Rumah Tak Nyaman 
Rumah yang tak nyaman juga menyebabkan insomnia. Misalnya, rumah sempit, panas, tempat tidur berantakan, terlalu banyak orang di dalam rumah, banyak nyamuk, dan sebagainya. 

Bagaimana cara mengatasi insomnia? Caranya dengan melihat penyebabnya apa. Berikut ini beberapa cara mengatasi insomnia yang disesuaikan dengan penyebabnya: 

Ciptakan Kebiasaan Tidur yang Baik
Waktu tidur yang baik itu sekitar jam 8 malam, atau setelah salat Isya (bagi muslim). Itu sesuai dengan hadist Rasulullah Saw. Maksimal jam 10 malam, kita sudah tidur. Otomatis, kita harus mulai membiasakan tidur pada jam-jam itu. Awali dengan mencoba tidur dan terus dicoba setiap hari. 

Hindari Minum Kopi sebelum Tidur 
Jika susah tidur, hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi pada malam hari karena akan semakin membuat kita sulit tidur. Gantilah dengan susu, karena susu memiliki kandungan trypthopan yang memberikan rasa tenang sehingga membantu otak untuk rileks dan bisa tidur. 

Bersihkan Rumah dan Tempat Tidur 
Kebersihan rumah dan tempat tidur akan membuat tidur lebih nyenyak. Rumah yang bersih akan mengurangi nyamuk. Tempat tidur yang bersih juga enak untuk ditiduri. Udara yang panas juga bisa dikurangi jika barang-barang ditata secara teratur, bahkan dikurangi jumlahnya. Buang atau berikan barang yang tak terpakai. 

Menjauh dari Lingkungan yang Tak Nyaman
Tentunya hal ini tidak mudah dilakukan, apalagi kalau kita sudah memiliki rumah di lokasi tersebut. Mau tak mau kita harus menerima suasana yang bising. Jika bisa pindah, maka sebaiknya pindah saja. Carilah rumah yang lingkungannya lebih tenang.

Atasi Stres 
Banyak cara untuk mengatasi stres, misalnya dengan berbicara kepada orang yang tepat, berlibur, makan enak, dan sebagainya. Tapi kalau semuanya tidak manjur, kita bisa berkonsultasi ke dokter Psyco Therapist atau Psikolog. Stres yang didiamkan dapat meningkat menjadi depresi. 

Belakangan ini, banyak berita tentang orang yang bunuh diri akibat stres. Niat hati mau curhat ke orang terdekat, tapi diabaikan. Curhat ke media sosial, malah mendapatkan perundungan. Maka yang paling tepat adalah curhat ke psikolog. Jangan khawatir soal biaya, karena melalui aplikasi Halodoc, kita bisa konsultasi ke psikolog secara gratis. 




31 comments:

  1. Mpo juga suka susah tidur tapi setelah di ajarin dokter malah sering ngantuk kalau jam sudah menuju angka 9.30

    Memang harus di biasakan.

    ReplyDelete
  2. "Waktu tidur yang baik itu sekitar jam 8 malam, atau setelah salat Isya (bagi muslim). Itu sesuai dengan hadist Rasulullah Saw."

    Wah baru tau yg itu, perlu dicatet nih...


    Saya setuju banget soal tidur perlu dibiasakan baiknya gimana. Tiap kali pak suami lagi nggak di rumah beberapa hari, pasti kebiasaan saya keasikan sendiri (nonton film, browsing, dll) sampe tidurnya kemalaman. Akhirnya pagi2 waktu bangun jadi kerasa nggak seger.

    Setelah berapa lama saya baru kapok, akhirnya walaupun lagi nggak ada pasangan saya paksain tidur cepet. Alhamdulillah bangunnya bisa lebih pagi & badan juga lebih siap klo mau olahraga pagi

    ReplyDelete
  3. Bener banget nich insomnia kadang dari keadaan rumah yang kurang nyaman. Makanya, aku sering banget cerewet soal kasur dan kamar yang gak bersih menjelang aku tidur. Biasanya anak-anak yang sering membawa mainan atau menyalakan tv terlalu kencang di kamar. Terus kalau aku berada di tempat baru, juga sering insomnia, entah belum terbiasa atau takut, hehehe

    ReplyDelete
  4. Suamiku pernah cerita temannya itu insomnia, tidur jam 1 malem jam 3 pagi udah nggak bisa tidur lagi. Ternyata banyak juga ya penyebab insomnia ini, salah satunya stress yang harus cepat ditangani.

    ReplyDelete
  5. Sedih baca ini, orang lain insomnia, saya ngantuk tapi ga bisa bobo, diajak begadang mulu ama bocah bayi hahahah

    Dulu saya pernah sih insomnia, waktu belum nikah, penyebabnya harus lembur jadi minum kopi, giliran mau tidur malah sulit hehehe

    Sekarang, mau tidur aja sulit :D

    ReplyDelete
  6. waktu masih gadis saya sering banget insomnia, baru berasa ngantuk setelah shalat shubuh padahal harus kuliah paginya :D dulu sih kayaknya karena stress. Sekarang Alhamdulillah sudah enggak pernah tapi sering bergadang ngerjain deadline hihi

    ReplyDelete
  7. Inilah yang akan membuat kita semakin nyaman dan fresh saat terhindar dari penyakit insomia.

    Jangan sampai hal ini terjadi pada diri kita. Kalau Mpo biasakan di meremin mata

    ReplyDelete
  8. aku banget mba Leyla karena kalau ga sempet ngeblog atau bw di kantor pastinya aku bw di rumah selepas anak-anak tidur baru aku bisa bw kadang bisa sampe jam 2 atau kadang sampe pagi wkwkwk duh luar biasa demi blog :D

    ReplyDelete
  9. salah satu hal yang memperparah sakit almarhum Papaku adalah insomnia ini, Mba. Duh tersiksa banget deh rasanya gak bisa tidur itu :(

    ReplyDelete
  10. waktu masih kuliah, saya sering banget insomnia, Mba. Setelah bekerja dan menikah alhamdulillah gak pernah insomnia lagi, mudah-mudahan jangan pernah lagi deh yaa, amiiin

    ReplyDelete
  11. wah. dulu aku pernah mengidap insomnia waktu kuliah gara2 ngerjain tugas kuliah. Bahkan sejak sma. kalo inget itu bersyukur banget tidak mengalami hal-hal yang membahayakan diri sendiri

    ReplyDelete
  12. Aku pernah kopdar habis ashar terus lupa malah mesen kopi yang brweing udah deh semalaman aku ga bosa tidur hahahaha

    ReplyDelete
  13. Klo sy sebaliknya nih...pelor, nempel di kasur /bantal langsung molor heuheu

    ReplyDelete
  14. Baca judulnya kulangsung merasa deh. Akutu insomnia soalnya, dan penyebabnya langsung tertera di poin nomor 1, kebiasaan tidur :( Padahal ini kebiasaan yg kurang baik ya, hiks. Kukan berusaha utk menguranginya, Mba. Tfs yaa :D

    ReplyDelete
  15. Kalau saya penyebabnya kebiasaan begadang nih, Mbak. Masih lumayan susah menghilangkan kebiasaan ini

    ReplyDelete
  16. Entahlah aku termasuk insomnia atau nggak, tapi memang kalo tidur malem lewat jam 12 terus sih. Apa mungkin kebanyakan tidur siang kali yah? *plak*

    ReplyDelete
  17. Wah pas banet nih aku lagi insomnia blog walking jam 1 malam hehehe

    ReplyDelete
  18. kalau aku susah tidur, ku pakai buat baca buku atau nulis. Kadang susah tidur itu karena ada uneg-uneg di kepala yang perlu dituangkan.

    ReplyDelete
  19. MBaaak, aku minum kopi sampai tiga gelas kalo ngantuk ya langsung tidur, udah nggak ngaruh, hiii
    Nah, kasur yang bersih, sprei nya baru diganti dan wangi itu bikin aku gampang tertidur juga

    ReplyDelete
  20. Aku kalo susah tidur, baca buku yang tebel banget. Tapi bukan novel. Kayak textbook gitu. Langsung deh ngantuk. :D

    ReplyDelete
  21. Belakangan aku juga imsonia mak bukan karena apa2 sih karena pekerjaan banyak jadi jam 1 atau jam 2 baru tidur huhu.

    ReplyDelete
  22. Iya mba, kalau tempat tidur berantakan tidur jdi gak nyaman, syaangnya anak2ku hobi bnaget ngacak2 kasur, baru diberesin udah bubar lagi semuanya, huhuhuuu

    ReplyDelete
  23. Aku skrg bukan susah tidur, tapi susah bangun, hahahaha XD

    ReplyDelete
  24. Tentang tidur memang cenderungnya lbh pada kebiasaannya, akhirnya jd jam biologis krn rutinitas..

    ReplyDelete
  25. Dulu iya banget aku insomnia jaman kerja di luar bun, gawean ada terus
    alhamdulillah sekarang bobonya malah gasik. Karena aktivitas lumayan berkurang

    ReplyDelete
  26. Saya klo kurang tidur jadi gampang bete Mba. Tp alhamdulillah ga pernah insomnia sih. Bisa tidur nyenyak itu juga rezeki ya. Biasanya harus turn off hape klo mau tidur cepat. Biar ga tergoda online terus hehe

    ReplyDelete
  27. Betul banget mba, insomnia ga boleh dibiarkab berlarut karena jadi tanda ada masalah dengan kesehatan tubuh. Saya beberapa kali begadang sih karena masih punya bayi, tapi semoga gak sampe insom lah ya.. kalo waktu tidur berkurang, mudah uring2an soalnya hahah

    ReplyDelete
  28. Aku biasanya baca buku or mandi air hangaat mba.. langsung rileks dan bobooo

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah saya so far klo mau tidur ya tidur aja Mbak, ketemu bantal langsung molor, hihih.
    matikan lampu dan gadget Mbak, biar suasana tenang juga bisa jadi salah satu cara agar bisa cepat tidur, jadi senyap gitu kan dan berkonsentrasilah untuk tidur :)

    ReplyDelete
  30. Kalo di drama-drama Korea, pas lead male nya insomnia, suka ke dokter buat dikasih obat tidur.

    Rasanya..
    Di Indonesia gak gitu-gitu amat yaa..
    Heehhe~
    Mungkin karena lingkaran pertemanan emak-emak yang ga ngalamin insomnia.


    Yang ada,
    Akunya yang need more sleeepp~
    Pliisss...

    ReplyDelete
  31. alhamdulilah aku jarang susah tidur, ketemu bantal langusng lep, justru kalau aku ada masalah pelarianku ya tidur

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...