Saturday, April 9, 2022

Aplikasi Audiobook Storytel, Cara Asyik Mendengarkan Buku

Hai teman-teman pembaca, bagaimana puasanya di hari ke-7 ini? Masih tetap semangat dong. Biasanya, salah satu kegiatan ngabuburit yang positif adalah dengan membaca buku. Sudah saya ceritakan kalau di awal pandemi, saya kembali menulis novel yang sempat saya tinggalkan karena sibuk mengurus anak dan menulis di blog. Tentunya, dengan kembali menulis novel, saya juga semangat lagi membaca novel karya penulis lain.

aplikasi audiobook

 

Sebenarnya saya itu masih sering membeli novel cetak, apalagi pada bulan Ramadan seperti sekarang ini. Saya banyak membaca buku untuk menambah ilmu dan mengisi waktu menunggu berbuka puasa. Nyatanya, saya tidak punya banyak waktu-waktu khusus untuk membaca buku lagi. Tidak seperti saat masih lajang dulu. Saya bisa menyelesaikan membaca satu buku dalam satu sampai dua hari saja.

Kenapa begitu? Yup, semenjak punya anak, rasanya kesibukan saya sangat padat meskipun di rumah saja. Di bulan Ramadan ini, saya harus mendampingi anak-anak menjalankan target-target Ramadan. Lalu, saya juga harus memasak untuk menyiapkan makanan berbuka dan sahur. Ditambah lagi dengan pekerjaan sebagai blogger dan instagramer (bukan selebgram). Rasanya saya sudah tidak punya waktu untuk duduk sejenak sambill membaca buku. 

Padahal, banyak sekali lho buku yang ingin saya baca. Terutama novel-novel yang sudah saya beli dan masih belum dibaca. Mana banyak buku bagus yang berseliweran di lini masa twitter karena saya mengikuti akun literacy base. Saya menemukan beberapa judul buku yang ingin saya baca. Sayangnya, saya kembali melihat tumpukan buku yang belum sempat saya baca. Bagi teman-teman yang juga suka menulis novel, novelmu belum selesai-selesai? Jangan-jangan karena jarang membaca buku juga seperti saya hehehe.....

Alhamdulillah, akhirnya saya menemukan solusi untuk bisa menikmati jalan cerita novel incaran tanpa membacanya. Wah, bagaimana caranya? Yup, saya baru saja mencoba aplikasi Storytel. Storytel adalah platform audiobook untuk menambah pengetahuan dan wawasan dengan cara yang menyenangkan. Bagaimana caranya? Kita akan diajak mendengarkan pembacaan buku oleh narator. Buku-buku yang dibacakan itu adalah buku-buku terkenal dan best seller lho, misalnya Harry Potter Audiobook. 

Aah.... serius ada buku Harry Potter? Tidak hanya itu. Di Aplikasi Audiobook ini kita juga bisa mendengarkan pembacaan Buku Best Seller lainnya seperti novel Dilan yang best seller Indonesia itu lho. Pada masanya dulu, hampir semua orang membicarakan novel Dilan. Sayangnya, saya malah belum tahu jalan ceritanya. Jadi, kebetulan sekali ini saya bisa mendengarkan audiobooknya di Storytel. 

Buat kamu para penggemar Novel Fiksi seperti saya, kamu akan terkesima melihat koleksi audiobook di Storytel. Koleksinya bagus-bagus banget dan kita hanya cukup membayar biaya berlangganan sebesar Rp 39.000 per bulan. Kita sudah bisa mendengarkan semua buku yang ada di Storytel selama satu bulan itu. Mau coba dulu? Bisa. Setelah berlangganan, kita bisa mencoba dulu secara gratis selama satu minggu. 

Setelah mencobanya selama beberapa  hari ini, saya sudah merasakan manfaatnya. Akhirnya rasa penasaran saya terhadap buku-buku incaran pun sudah terjawab sebagian, karena memang belum semuanya saya dengarkan. Saya bisa mengetahui jalan cerita novel Selamat Tinggal karya Tere Liye sambil melakukan pekerjaan rumah, seperti menyapu lantai dan memasak. Mendengarkan audiobook seperti ini sangat cocok untuk orang yang multitasking seperti saya. 


novel fiksi

 

Saya letakkan ponsel di dekat tempat saya beraktivitas sambil mendengarkan Storytel. Tenang saja, aplikasi Storytel tetap bisa didengarkan meskipun ponselnya kita letakkan di meja dan tidak kita gunakan. Bahkan tetap bisa digunakan saat kita sedang membuka aplikasi lain. Contohnya kemarin saya mendengarkan audiobook sambil membuka aplikasi belanja karena sedang mencari baju lebaran.   

Tentu saja aplikasi ini juga bisa untuk teman tidur para sobat insomnia yang kesulitan tidur. Biasanya nih kondisi mata sudah capek banget, tapi tetap tidak bisa tidur. Mau melihat layar ponsel pun sudah tak kuat. Solusinya, putar saja salah satu buku di Storytel misalnya novel Mariposa yang terkenal di wattpad itu. Kita bisa mendengarkannya sampai tertidur. Mantul, bukan? 

Para penyuka buku penulis luar negeri dan terbiasa membaca buku berbahasa Inggris,  juga bisa mendengarkannya di Storytel. Tak hanya novel Harry Potter, ada juga novel Game of Thrones yang juga sudah dijadikan drama 8 musim itu lho. Kita jadi bisa mengasah kemampuan listening bahasa Inggris kalau rajin mendengarkan audiobook berbahasa Inggris di Storytel ini. Pada beberapa buku juga tersedia e-booknya, sehingga kita bisa membacanya.

Selain Buku Fiksi, tersedia juga Buku Non Fiksi seperti Sapiens. Banyak kategori buku yang bisa dipilih. Jadi bukan hanya buku fiksi ya. Ada buku Personal Development, Biography, Business & Economy, dll. Lengkap deh pokoknya. 

Beberapa fitur yang tersedia di Storytel ini sangat membantu kita memanfaatkannya: 

Tersedia Mode Anak

Audiobook Indonesia Storytel ini juga menyediakan buku-buku untuk didengarkan oleh anak-anak. Pada pengaturan, kita bisa hidupkan mode anak, lalu masukkan password, dan kemudian buku-buku yang tayang di berandanya adalah buku-buku anak. Cocok sekali didengarkan oleh anak-anak apalagi di bulan Ramadan ini mereka untuk mengisi waktu berbuka puasa. 

Baca dan Dengar secara Offline

Baca Buku Online sekarang sudah menjadi tren, tapi bagaimana kalau sedang tidak ada kuota internet? Tenang saja. Di Storytel, kita bisa baca dan dengarkan buku secara offline.  

Setting Target Mendengarkan 

Kita juga bisa membuat target mendengarkan buku, buat kamu yang ingin menyelesaikan beberapa buku dalam sebulan, bahkan setahun. Bisa distel targetnya untuk sebulan, tiga bulan, sampai setahun. Tuliskan berapa buku yang ingin kita dengarkan dalam waktu yang kita pilih itu. Saat waktunya tiba, lihatlah apakah targetnya tercapai. 

Audiobook Indonesia


Menulis Ulasan dan Komentar

Ingin memberikan pendapat terhadap buku yang baru saja kita dengarkan di Storytel? Tersedia pula fitur menulis ulasan dan komentar yang bisa membantu pembaca lain memilih buku untuk didengarkan. 

Mau dibacakan buku oleh artis terkenal? Bisa juga. Di Storytel ada kategori audiobook yang dibacakan oleh artis terkenal. Novel Hunger Games dibacakan oleh Tatiana Maslany, artis pemeran film dan acara TV Orphan Black. 

Rekomendasi Buku 

Di Storytel, kita juga bisa mendengarkan novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi. Dibacakan oleh narator Anes Wibowo dengan suaranya yang kalem dan tenang. Novel ini mengisahkan tentang Alif, seorang wartawan Indonesia yang sedang bekerja di AS. 


rekomendasi buku


Alif dipertemukan kembali dengan teman-temannya saat di Pondok Madani dulu, sebuah Pondok Pesantren. Mereka semua telah menjadi orang sukses berbekalkan mantra sakti "Man Jadda Wa Jadda." Tak disangka ternyata semua temannya telah berpencar ke berbagai negara. 

Novel inspiratif yang mengisahkan perjuangan para santri ini sangat cocok didengarkan saat bulan Ramadan begini. Apalagi suara naratornya juga enak. Semangat para santri berjuang meraih cita-cita ini terasa meresap ke dalam jiwa.

Bagus nih didengarkan oleh para remaja yang sedang meraih cita-cita. Pengalaman Alif dan kawan-kawan di Pondok bisa menjadi motivasi. Walaupun awalnya Alif menolak disekolahkan di Madrasah karena ingin sekolah di sekolah umum. 

Kebetulan saya punya dua anak remaja. Jadi pas sekali didengarkan oleh mereka. Ternyata anak-anak Pondok Pesantren juga bisa sukses dan keliling dunia! Membuktikan bahwa para santri juga bisa memperoleh prestasi dunia, selain prestasi akhirat. Pandai secara akademik, juga ilmu agama. 

Mendengarkan novel Negeri Lima Menara ini membuat kita bisa belajar menulis novel dengan bahasa sederhana tetapi berkesan di hati pembaca. Buktinya, novel ini bisa menjadi sangat terkenal dan disukai di Indonesia.

Ada juga novel pop Divortiare karya Ika Natassa yang disukai kaum wanita nih, karena temanya relevan dengan kehidupan. Koleksi Buku  Best Seller di Storytel benar-benar memanjakan kita! Tak hanya memberikan hiburan, tetapi juga pengetahuan dan wawasan. 

Bagaimana? Seru bukan mendengarkan Storytel? Aplikasi Audiobook ini tak hanya bermanfaat untuk orangtua, tetapi juga remaja dan anak-anak. Unduh dulu aplikasi audiobook ini di Aplikasi Storytel untuk iOS dan Aplikasi Storytel untuk Android.










19 comments:

  1. Salah satu enaknya audiobook ini memang, kita jadi bisa ibarat baca buku sembari ngurus kerjaan lain. Ya asyik sih untuk variasi kita dg membaca buku beneran ya.

    ReplyDelete
  2. Nah belakangan ini storytel menjadi pilihan untuk mendengarkan cerita apalagi saat lagi sibuk-sibuknya bisa disambil sama bersih-bersih rumah. Mantep nih, ceritanya pun keren-keren apalagi negeri 5 benua.

    ReplyDelete
  3. aku juga udah jarang baca buku nih kak, satu buku aja enggak selesai-selesai. makanya sekrang aku coba baca buku motivasi dibanding novel, soalnya antar chapternya kan ga saling berhubungan. tapi dengan adanya aplikasi storytel jadi untuk ibu-ibu yang enggak sempat baca tinggal unduh aplikasinya aja ya, terus dengerin sambil ngerjain kerjaan harian :)

    ReplyDelete
  4. Saya masih lebih suka baca buku cetak. Tetapi, audibook ini menjadi pilihan menarik juga. Karena terkadang keterbatasan waktu jaid gak bisa banyak baca buku kayak dulu lagi

    ReplyDelete
  5. Wah cocok nih buat aku yang apapun kegiatannya pasti wajib banget mendengarkan sesuatu. BTW ini ada jeda iklan gak sih kak?

    ReplyDelete
  6. wah menarik banget nih jadi gak perlu berat berat lagi ya bawa buku fisik lagi tinggal pake smartphone aja

    ReplyDelete
  7. pengen juga ih ngerasain sesasi yg berbeda , udah baca buku negeri 5 menara, klo lewat aplikasi storytel makin cakep nih kyknya, mau install juga ahh

    ReplyDelete
  8. Udah nggak ada alasan lagi buat males baca buku nih kalo gini ceritanya, praktis banget jadinyaa, auto pengen download juga nih aplikasi audio storytel ini hihi

    ReplyDelete
  9. Lg demen juga nih dengerin buku storytel. Sambil ngerjain kerjaan rumah bs sambil dengerin buku. Koleksi bukunya jg banyak pula...

    ReplyDelete
  10. Storytel kesukaan anak-anak saya juga mereka suka minta mendengarkan buku kumpulan dongeng

    ReplyDelete
  11. Menyenangkan nih mba yang bisa menikmati mendengarkan buku bagus bersama dua remaja kesayangan ya. Apalagi ada topik bacaan yang tentunya kita sukain dan pas juga buat anak

    ReplyDelete
  12. Meski ngabuburit, harus diisi dengan aktivitas yang positif, seperti mendengarkan audiobook Storytel.
    Senang sekali karena koleksi bukunya banyak.

    ReplyDelete
  13. Bener juga ya, sekarang tuh rasanya kalau mau baca buku kayak ga sempat, hehehe... aku sih ini yang sok sibuk. Berasa kayak kejar-kejaran dengan pekerjaan rumah dan deadline menulis. Pas banget ya kita coba Storytel ini biar tetap bisa membaca sembari memasak ataupun menyeterika.

    ReplyDelete
  14. Aku tipikal yang sebenernya lebih suka baca buku langsung, tapi ada kalanya kalau lagi capek ya butuh yang kayak gini nih. Aku infoin ke sahabat aku ah yang anaknya lagi mau belajar listening

    ReplyDelete
  15. Soulusi buat orang yang ngga sempet baca buku karena sebih.
    Pakai Storytel sambil kerja pun bisa dengerin Storytel.
    Malah makin banyak buku yang bisa diselesaikan pakai Storytel.

    ReplyDelete
  16. ini bisa jadi solusi buat ibu2 yang suka membaca tapi waktuya limited banget. secara ngurus dua anak aja udah menguras tenaga dan waktu, jadi sering keskip buat baca buku

    ReplyDelete
  17. waaaah! baru tau ada audiobook lokaaal. aku taunya audible tp masih untuk buku buku lluar ajaaa. keren ih!

    ReplyDelete
  18. storytel cocok banget nih buat aku yang gak punya waktu lebih buat baca buku. bisa mendengarkan buku sambil ngelakuin hal lain.

    ReplyDelete
  19. Kalau ada Storytel, kita jadi bisa denger cerita sambil ngelakuin hal lain, praktis banget.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...