Friday, May 18, 2018

6 Jurus Jitu Mendapat Tiket Murah Pada H-7 Lebaran



Puasa baru hari kedua sudah ngomongin lebaran? Eit, jangan salah. Di Indonesia ini, persiapan mudik sudah harus dilakukan sejak jauh hari. Termasuk mencari tiket pesawat. Kalau tidak, bisa-bisa kehabisan tiket pesawat. 


Mudik biasanya menjadi momen yang sangat ditunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia saat menjelang Lebaran. Pada kesempatan tersebut, masyarakat bisa meluangkan waktunya untuk bertemu keluarga dan merayakan hari kemenangan secara bersama-sama. 

Namun, hal yang perlu diketahui adalah kebiasaan publik yang sangat menarik saat bepergian mudik, khususnya saat menggunakan pesawat terbang.

Masyarakat Indonesia yang berdomilisi di kota-kota besar ternyata memiliki kebiasaan memesan tiket pesawat mendekati Lebaran. Bahkan beberapa diantaranya membeli tiket pesawat menuju kampung halaman pada tujuh hingga sehari jelang lebaran, sehingga harganya akan melambung tinggi.

Lalu bagaimana cara Anda untuk mendapat tiket pesawat dengan harga yang cukup terjangkau, tapi waktu untuk mudik sudah sangat dekat? Berikut beberapa tips mendapatkan tiket murah jelang lebaran.

1. Pergi dari bandara utama
Bandara utama kerap menjadi destinasi keberangkatan Anda untuk berpergian menuju kampung halaman. Banyak maskapai yang menawarkan tiket dengan kuota yang cukup banyak di bandara utama dibanding bandara satelit. 

Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga terjangkau dibanding pergi dari bandara yang dekat dengan wilayah Anda tinggal. Sebagai contoh, bila Anda tinggal di Bandung, kemungkinan besar Anda memilih pergi mudik dari bandara Husein Sastranegara untuk menghemat waktu. Padahal harga tiket bisa lebih terjangkau saat Anda memilih terbang dari Bandara Soekarno-Hatta.  

2. Jangan mudik pada akhir pekan
Tentu membeli tiket di akhir pekan akan terasa mencekik bila dibanding hari lainnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa tiket pesawat akan melambung tinggi pada hari tersebut dikarenakan banyak orang yang memesan di hari tersebut. 

Anda bisa mencoba untuk membeli tiket pada tengah minggu, seperti Selasa, Rabu atau Kamis. Mengapa tidak hari Jumat dan Senin? Karena kedua hari itu masih dipengaruhi oleh harga hari Sabtu dan Minggu.

3. Melihat rute transit
Hal ini diperlukan untuk perbandingan antara rute pesawat langsung atau rute pesawat yang harus transit. Kelebihan rute langsung adalah waktu tempuh yang akan lebih singkat daripada menggunakan rute transit. 

Untuk masalah harga bisa Anda bandingkan, semisal Anda akan menuju Medan dari Yogyakarta, ada rute langsung dari Yogyakarta menuju Medan, dan ada rute transit Yogyakarta ke Jakarta terlebih dahulu baru ke Medan. Kalkulasikan jumlah keduanya, manakah yang lebih murah dengan mempertimbangkan waktu perjalanan yang anda perlukan juga.

4. Perhatikan lokasi perjalanan
Anda harus secara detail untuk memerhatikan lokasi Anda akan menuju ke mana, karena ini adalah hal yang hampir tidak bisa ditawar. Biasanya pesawat yang mendarat di bandara sekunder akan lebih murah daripada di bandara utama. 

Kemudian perhatikanlah jumlah maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut. Bila rute tersebut banyak dilayani oleh maskapai penerbangan, seperti Jakarta, Bali, Surabaya dll, maka anda akan harus pintar membaca perubahan harganya. 

Jika Anda sudah menemukan salah satu maskapai penerbangan yang murah dan memang merasa tidak akan turun lebih murah lagi, segeralah membeli tiket tersebut

5. Menggunakan Jasa Online Travel Agency
Online Travel Agency (OTA) mempunyai strategi yang cukup berbeda untuk menarik konsumen yang ingin berpergian menggunakan pesawat. 

Anda sangat diharuskan untuk memilih maupun memilah program yang mereka tawarkan jelang hari Lebaran sehingga mendapatkan tiket pesawat termurah. OTA memang dikenal mampu menawarkan tiket promo pesawat meskipun peak season dibanding bila Anda memesan tiket pesawat secara konvensional.

6. Jangan membeli tiket secara borongan
Pembelian secara sekaligus biasanya akan menaikkan harga tiket pesawat dalam sistem pembelian online, hal ini dikarenakan Anda memerlukan tempat duduk yang berurutan dengan rekan seperjalanan Anda. 

Coba Anda bandingkan ketika Anda memesan sendiri untuk 4 tiket pesawat, kemudian coba Anda bersama ketiga rekan Anda membuka sendiri pada komputer masing-masing. Memang bila memesan sendiri-sendiri ada kemungkinan mendapatkan kursi yang terpisah, namun dengan memesan dalam waktu yang bersamaan maka Anda akan bisa memperbesar kesempatan untuk mendapatkan tempat duduk yang berurutan.

3 comments:

  1. Wah mau mudik aja ini ya, dulu waktu di Padang emang mikirin tiket pesawat nih sebelum mudik, tahun ini enggak mudik ke Bengkulu tapi di Lampung aja

    ReplyDelete
  2. Biasanya kalau akhir pekan pada rebutan banget tiket ya makanya harga tiket juga cenderung lebih mahal.

    ReplyDelete
  3. Asiiiknya kl ada yg promo2, apalagi kalau mudiknya rame2

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...