Thursday, November 22, 2018

Baran Energy, Solusi Hemat Listrik

Baterai Baran Power


Halo, mamah-mamah kece. Siapa yang setiap bulan tagihan listriknya membengkak dan bikin pusing kepala? Kalau saya sih, suami saya yang pusing karena dia yang berkewajiban membayar listrik.


Walaupun begitu, saya tahu kalau tarif listrik itu naik terus. Sehingga saya melakukan penghematan listrik dengan bergantian memakai alat eleltronik. Yah, berbagai solusi menghemat listrik sudah saya coba lakukan. Apa daya kalau pemerintah menaikkan tarif listrik, tetap saja naik juga bayarnya. Ya, kan.

Listrik adalah kebutuhan yang paling penting bagi kita. Benar, kan? Kalau mati listrik, bisa dipastikan saya akan mati gaya. Mau tidur pun nggak bisa, karena AC mati. Nggak kuat gerah. Apalagi mengerjakan tugas rumah tangga atau menulis di blog ini. Semuanya membutuhkan listrik. 

Jadi, saat saya mendengar ada teknologi yang bisa bikin kita nggak usah bayar listrik atau menghemat pembayaran listrik, saya jadi tertarik mau tahu dong. Minggu lalu, tanggal 19 November 2018, saya menghadiri undangan dalam rangka memperkenalkan Baran Energy, yang katanya dapat menghemat pemakaian listrik bahkan bisa menjadi energi terbarukan di masa depan. 

Victor Wirawan


CEO Aldebaran, Viktor Wirawan memaparkan tantangan yang harus dihadapi oleh Indonesia pada saat ini yaitu harga listrik yang terus naik, listrik sering mati, lingkungan dan polusi. 

Tentang listrik yang sering mati ini benar sekali. Di rumah saya pun sering mati listrik dan itu membuat produktivitas terhambat. Yang tadinya mau mengerjakan ini itu, jadi terkendala. 

Hasil bumi seperti fosil sudah sangat terbatas. Banyak negara maju berpikir untuk kebutuhan energi alternatif. Kita pun harus mencari solusi penggunaan energi alternatif yang tak bergantung pada fosil. 

Pak Viktor menceritakan kembali tentang Wright bersaudara yang menciptakan pesawat terbang. Pada masa itu, penelitian mereka dianggap tidak mungkin. Sekarang kita dapat menikmati pesawat terbang. Begitu juga dengan Henry Ford yang menciptakan mobil dan sempat dicibir karena tidak mungkin. Ternyata kini kita dapat menikmati transportasi mobil.

Tesla, pecipta mobil listrik pertama kali. Juga pernah dicibir, tapi bisa menciptakan energi terbarukan yang lebih murah dan hemat. 

Di Indonesia, ternyata ada Baran Energy, dengan 3 bisnis utama: 

Baran Power
Diciptakan sebagai solusi untuk menghemat pemakaian listrik. Baran Power digunakan untuk Smart Home, Real Estate, dan Mini Power Plants. Untuk real estate, energi Baran Power dapat digunakan untuk kafe, restoran, dan tempat bisnis lainnya. Baran Power ini memiliki 3 kapasitas, yaitu: 

  1. Baran PowerWall, sebuah tempat penyimpanan energi yang berasal dari solar panel, angin, air, dan sumber listrik lain. Kapasitas sampai 10 ribu watt, ditujukan untuk konsumsi rumah tangga. Dengan menggunakan Baran PowerWall ini, kita tidak perlu membayar tagihan listrik lagi.
  2. Baran PowerPack, sama dengan Baran PowerWall hanya saja kapasitasnya antara 10 ribu -60 ribu watt. Bisa digunakan untuk real estate seperti kantor kecil, restoran, kafe, dan lain-lain. 
  3. Baran Power Cube, memiliki kapasitas 1 Mega Watt. Dapat digunakan pada pabrik-pabrik yang membutuhkan tenaga listrik yang besar.

Jika menggunakan Baran Power ini, maka kita tidak akan membayar tagihan listrik lagi. Berapa harganya? Jika digunakan untuk rumah tangga pribadi, harganya lebih murah 60-70% daripada mobil dengan harga termurah. 

Baran Power, dipasang di dinding


Sumber energi Baran Power ada yang dari Solar Panel, angin, air, dan semua yang bergerak dapat disimpan di dalamnya. Dapat dipasang di dinding rumah tanpa mengganggu pemandangan rumah karena disainnya stylist. 

Baran EV (Electric Vehicle) 
Ini adalah mobil dengan tenaga listrik yang diciptakan oleh Baran Energy. Didisain untuk memaksimalkan tenaga listrik, sehingga kita tak perlu lagi membeli bahan bakar minyak. Modelnya juga cantik dan cocok untuk keluarga milenial yang mengutamakan gaya. 

Baran EV


Baran Property 
Ini adalah perumahan yang menggunakan Baran Power, yang akan dibangun oleh Barsn Energy. Nantinya ada solar panel, inverter, dan Baran Power di setiap rumah sehingga penghuninya tidak perlu lagi membayar listrik. 

Setiap 10-15 tahun, baterai Baran Power ini tidak rusak, tapi dayanya berkurang. Kalaupun rusak, nanti tinggal diganti. Baran ini baterai dengan sumber energi yang dihasilkan dari berbagai macam sumber. 

Aldebaran adalah produk lokal Indonesia yang diciptakan oleh anak bangsa, demikian ungkap Triharsa Adicahya, CTO Aldebaran. Tentu kita harus bangga ada anak-anak muda Indonesia yang berhasil menciptakan Baran Energy untuk solusi hemat listrik.

Informasi lebih lanjut: 
Instagram: baranenergy
Instagram: victorwirawan

25 comments:

  1. Eeh, iya bener, disainnya cakep, dipasang di dinding gk ganggu lemandangan, malah aku kepikiran disainnya dibikin tulisan kayak wall art yg artistik gitu tambah kece

    ReplyDelete
  2. Kaau di pasang gdi rumah bisa hemat ya, kerennya lagig ini buatan dalam negeri ya. Hargganya terjangkau gak ya kalau dipakai buat rumah?

    ReplyDelete
  3. Wah asyik banget kalau udah gak perlu menghitung tagihan liatrik ya. Tapi tentunya sarana untjk menyimpan energi listriknya mahal y

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya jika kita make energi seperti ini dlam jangka panjang hemat banget ya mba. Dan bangganya ini produk karya anak negri

    ReplyDelete
  5. Wah jadi pengen tahu lebih banyak nih tentang alternatif energi satu ini.. kira2 terjangkaukah utk perorangan?

    ReplyDelete
  6. Solusi bagus buat penghematan listrik biar tidak memikirkan biaya listrik lagi ya.

    ReplyDelete
  7. Duh aku pun suka megap-megap bayar tagihan listrik yang naik terus, kalau Baran Energy bisa dibeli di mana ya?

    ReplyDelete
  8. Aku udah nggak sabar nunggu Baran Property launching tahun depan.

    ReplyDelete
  9. Iya nih tagihan listrik makin naik tiap bulan >.< Kalau Baran bisa membantu, boleh nih dicoba.

    ReplyDelete
  10. Bisa ga sih baran energy ini dimiliki oleh perorangan? Mengingat harganya yang tak.bsa dibilang murah

    ReplyDelete
  11. knowledge baru seriusan aku baru tau ttg Baran mba penasaran sama harganya biar di toko joeragan pasang krn mayan hambur listrik di toko joeragan ice cream tuh

    ReplyDelete
  12. Wah itu mobilnya tampak mewah sekali.
    Penasaran nih sama harga Baran :D

    ReplyDelete
  13. Salut sama idenya yang cemerlang.
    Kebayang kalau diterapkan di seluruh pelosok Indonesia.
    Bakalan sangat membantu sekali tentunya...

    ReplyDelete
  14. wahhh, inovasi teknologi baru lagi nih ya, kok jadi penasaran mak. Jadi kayak baterai yg terus disuplai ya?

    ReplyDelete
  15. Enak ya mak kalau pakai ini jadi ga perlu mikirin biaya listrik perbulannya heuheuu.

    ReplyDelete
  16. Iya nih. Aku sedih tiap bulan bayar listrik pasti tagihan listriknya naik. Seru ya kalau bisa punya Baran energy. Jadi nggak pusing lagi mikiran bayar tagihan listrik.

    ReplyDelete
  17. Tehnologi yg semakin canggih membuat manusia + giat mencari rezeki utk memenuhi sarana ini agar tdk dibilang ketinggalan jaman, hehe ...Oo..Baran kapan ku berada di rmhku.

    ReplyDelete
  18. Saya sempet baca mengenai Baran Energy ini deh. Di blog apa di IG gitu, lupa. Keren emang nih karyanya dan bermanfaat bagi kita ya :)

    ReplyDelete
  19. aku paling seneeeeng kalau ada barang buatan anak Negeri yang luar biasa manfaatnyaa..dan itu yang di dinding kereeen banget ya tampilannya

    ReplyDelete
  20. Wah senangnya kalau ada produk Indonesia yang bagus seperti Aldebaran ya. Apalagi solusinya juga bisa buat hemat energi :)

    ReplyDelete
  21. solusi banget ketika harga listrik terus melonjak. tampilannya juga bagus dan elegan ya.

    ReplyDelete
  22. Penasaran sekali sama Baran Power ini
    Andai saja bisa saya lihat langsung dan menikmati kinerjanya pasti seru

    ReplyDelete
  23. Luar biasa ya inovasi anak bangsa, bisa menciptakan alternatif energi seperti Baran Energy ini. Semoga saja bisa makin luas implementasinya, jadi kita enggak tergantung terus kepada energi yang berasal dari fosil.

    ReplyDelete
  24. Jadi ini nanti disambung ke solar panel atau pembangkit listrik mini lain gitu ya mbak? menarik banget ni....

    ReplyDelete
  25. Baran Energi emang terbukti banget hemat enerfi apalagi buatan anak negeri

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...