Friday, November 23, 2018

Berkilau bersama Blogger Perempuan Network

Berfoto bersama tim BPN

Assalamualaikum. Apa kabar di akhir pekan yang cerah ini? Sebenarnya saya sedang malas menulis, tapi tantangan 30 hari ngeblog bersama Blogger Perempuan membuat saya memaksa diri untuk menulis.


Blogger Perempuan adalah salah satu komunitas blogger yang saya ikuti sejak kurang lebih 3 tahun lalu. Bagi seorang blogger, bergabung dengan komunitas blogger itu penting sekali untuk meningkatkan kualitas blogging kita. Saya pun mendapatkan banyak keuntungan setelah bergabung dengan komunitas blogger.

Selama ini, kehadiran komunitas blogging memang membantu perjalanan karir saya. Memang, tanpa bergabung dengan komunitas pun, kita bisa tetap menjadi blogger. Akan tetapi, berdasarkan pengalaman saya, komunitas blogger akan lebih meningkatan kualitas dan pengetahuan kita dalam blogging.

Baca Juga: Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Blogger Perempuan Network ini lebih dari sekadar komunitas blogger, karena dikelola secara profesional. Tak hanya tempat kumpul blogger, tetapi juga sarana agar blogger menjadi lebih profesional sebagai blogger. Bahwasanya, blogger juga bisa menjadi profesi yang diandalkan sebagai sumber penghasilan.

BPN menjembatani pertemuan antara blogger dan sponsor yang sesuai dengan niche, kualitas, dan rate card blogger. Beberapa tulisan bersponsor di blog ini juga dijembatani oleh BPN. Alhamdulillah lho, kalau ditekuni dengan serius, kita bisa mendapatkan pemasukan yang lumayan dari blogging. 

Para pengurus Blogger Perempuan ini masih muda kinyis-kinyis banget, sebut saja Shinta Ries, Almazia, dan Rani. Dari beberapa event dan sponsorship yang saya jalani bersama Blogger Perempuan, ada 1 yang sangat berkesan yaitu kampanye #UsiaCantik Loreal. 

Jujur, saya kan awalnya bukan Beauty Blogger. Kalaupun ada tulisan berlabel Beauty, itu adalah tulisan lomba yang nggak menang. Sewaktu Blogger Perempuan (BP) membuka lowongan job untuk blogger yang punya artikel tentang Beauty, saya pun mendaftar. Nggak disangka saya mendapatkan 2 jobnya yaitu Zalfa Skincare dan Loreal Anti Aging.

Foto cantik oleh Almazia, tim BPN

Keduanya sangat berkesan, membuat saya ketagihan menulis dengan label Beauty. Tulisan Zalfa Skincare juga berhasil menjadi review  terbaik. Sedangkan untuk Loreal, saya suka sekali dengan kerjasamanya karena saya merasakan difoto oleh fotografer yaitu Mbak Alma hehe... dan bisa punya foto bagus ketika saya belum punya kamera yang bagus.

Di acara Loreal juga, saya akhirnya bertemu dengan Dian Sastro. Walaupun nggak ngefans, tapi bikin penasaran. Saya juga menang lomba IG berhadiah voucher MAP Rp 1 Juta. Bagi saya sih itu sangat berkesan. Sudah senang dengan kerjasamanya, eh dapat hadiah tambahan. 

Jadi, kalau ditanya kenapa bergabung dengan Blogger Perempuan Network, ini alasannya:

Menambah Jejaring 
Tentunya sebagai blogger, sama dengan profesi lain, kita perlu memperluas networking (jejaring). Di BPN, ada banyak member blogger dari beragam niche yang bisa menambah jumlah jejaring kita. Manfaatnya sudah tentu akan membuka kesempatan dan silaturahim.

Sebab, BPN ini membuka kesempatan bagi semua member untuk bergabung asalkan dia perempuan. Mau nichenya parenting, beauty, health. Mau mama-mama atau masih gadis, bisa bergabung dengan BPN. 

Menambah Ilmu
Dari BPN juga, saya jadi lebih memperhatikan kualitas blog seperti rajin posting, menaikkan angka domain authority, rajin blogwalking, banyak meningkatkan kualitas dan kuantitas media sosial karena admin BPN sering berbagi ilmu baik di website maupun grup chatnya.

Padahal tadinya saya menulis ya menulis saja, tidak memikirkan soal DA, backlink, blogwalking, pageviews, dsb. Ternyata itu semua penting, karena dengan semakin berkualitasnya blog kita makan akan semakin profesional dan dihargai tinggi oleh sponsor.

Mendapatkan Motivasi Blogging
Salah satunya melalui #BPN30dayChallenge ini, saya ditantang untuk menulis selama 30 hari. Mau tidak mau harus mengalahkan mood yang kadang baik, kadang buruk. Apalagi kalau sedang banyak tulisan sponsored post. Pasti sulit deh meluangkan waktu untuk menulis original post seperti di challenge 30 hari menulis blog ini.

Pastinya orang malas mampir kalau tulisan kita bersponsor semua. Seperti membaca tayangan iklan terus menerus. Harus diimbangi dengan tulisan original tanpa embel-embel sponsor yang dapat menyentuh hati pembaca. 

Mendapatkan Tambahan Penghasilan
Dari blog ini, saya bisa mendapatkan tambahan penghasilan salah satunya melalui perantara Blogger Perempuan Network. Contohnya ya seperti 2 kampanye kecantikan di atas. Tak hanya mendapatkan produk untuk direview yaitu Zalfa Skincare dan Loreal Anti Aging, saya juga mendapatkan fee menulis. 
Alhamdulillah lho untuk seorang ibu rumah tangga tanpa penghasilan, saya jadi menghemat uang suami karena tak perlu membeli skincare dulu dan punya uang jajan sendiri.

Mengapa saya menerima tulisan bersponsor? Ya karena itulah yang membuat blog ini hidup, sebagai blog yang setiap bulan harus membayar sewa domain dan kuota internet. Jika tak ada tulisan bersponsor, blog ini akan mati. Apalagi sumber penghasilan sampingan saya memang hanya dari blogging. 

Tertarik ingin bergabung juga dengan Blogger Perempuan Network? Langsung saja cari tahu di: 

Instagram: @bloggerperempuan
Website : www.bloggerperempuan.co.id



No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...