Saturday, December 8, 2018

5 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan sebelum Liburan



"Mah, liburan ini kita ke Solo yuk?" 

Tawaran dari suami itu membuat saya terkejut. Bukan soal liburannya, tapi destinasinya. Kami memang selalu liburan akhir tahun, tapi selama ini hanya wilayah Bandung-Garut karena sekaligus ke rumah neneknya anak-anak. 


Tumben sekali nih suami menawarkan berlibur ke kampung kelahiran saya yang belum pernah diinjaknya meskipun sudah 11 tahun menikah. Alasannya repot karena masih punya 3 anak yang kecil-kecil. Perjalanannya juga jauh. Biaya juga jadi kendala karena suami maunya naik pesawat. Kira-kira untuk transportasi pesawat saja kami harus keluar kurang lebih Rp 5 Jutaan karena jumlah keluarga ada 5. 

Itu belum biaya lain seperti akomodasi (hotel), transportasi setelah turun dari pesawat, makan, dan belanja. Selain itu, rencananya suami juga mau menyambangi kota-kota lain. 

"Kita bukan cuma ke Solo tapi ke Klaten dan Yogya juga," suami menambahkan. 

Walah, sungguh tak disangka. Jadi ceritanya mau keliling Jawa Tengah nih? Mungkin karena anak-anak juga sudah agak besar, jadi suami siap mengajak kami sekeluarga untuk keliling Jawa Tengah dalam rangka liburan akhir tahun.

"Kita naik mobil aja ya biar bisa transit-transit dan foto-foto," katanya lagi. 

Suami paham banget kalau saya traveling itu tidak hanya untuk jalan-jalan dan liburan tapi juga harus mendapatkan foto-foto dan cerita yang bagus untuk dimuat di Instagram dan Blog. 

"Wah, boleh juga. Kita sewa mobil aja, karena biayanya lebih murah daripada naik pesawat. " 

"Di mana? Emang berapa biayanya?" 

"Aman. Kan ada promo dari TRAC-Astra Rent a Car. Sewa 4 hari, bonus 2 hari. Jadi kita bisa sewa selama 6 hari tapi cuma bayar untuk 4 hari. Totalnya cuma Rp 2.200.000."  Saya menjelaskan informasi promo dari TRAC-Astra Rent a Car yang saya dapatkan di acara TRAC Blogger Gathering bersama Kompas.com.

Yup, tanggal 4 Desember 2018 lalu bertempat di Restoran Eastern Opulence, saya menghadiri acara tersebut yang diisi oleh narasumber seperti Febrian (Travel Blogger), Sri Anindiati Nursastri (Editor Kompas.com Travel), Luthfi ( TRAC Bus Service Brand Manager), dan Riyadi (TRAC Rental Deputy COO).

Narasumber TRAC Blogger Gathering 

Febrian adalah seorang travel blogger yang dulunya seorang penyanyi. Blognya bisa diakses di www.ceritafebrian.com dan foto-foto travelingnya bisa dilihat di Instagram @_febrian. Febrian juga menceritakan perjalanannya dalam channel Youtube Indonesia Kaya, sebagai seorang anak Jakarta yang traveling ke seluruh pelosok Indonesia agar jatuh cinta kepada negara ini.

Beda dengan kita yang traveling saat liburan anak sekolah, Febrian ini sudah pekerjaannya jalan-jalan jadi setiap diisi dengan jalan-jalan. Pastinya dia punya banyak pengalaman traveling sekaligus tips-tipsnya. Febrian juga berpengalaman traveling menggunakan TRAC Astra Rent a Car.  

Cerita Febrian, layanan TRAC itu sangat baik. Supirnya ramah, kendaraan bersih dan wangi, serta selalu siap mengantar kita ke mana saja. Selain Febrian, narasumber berikutnya yaitu Sastri, yang juga telah banyak traveling ke beberapa daerah dan negara karena pekerjaannya sebagai wartawan Kompas Travel. 

Pengalaman Sastri traveling saat sendirian  atau saat belum menikah dan punya anak, dia menjalaninya dengan santai saja naik angkutan umum dan membawa barang secukupnya. Nah, setelah menikah dan punya bayi, dia tidak bisa lagi santai karena harus memperhatikan kondisi bayi. Dia harus membawa banyak perlengkapan bayi, yang sudah tentu tidak mudah berpindah-pindah angkutan umun. Pilihan merental mobil adalah pilihan yang sangat efisien.

Pengalaman Sastri ini mirip sekali dengan saya. Saya pun sewaktu belum menikah, jalan-jalan cukup membawa satu baju berisi 2-3 baju. Perbekalan makanan dan minuman bisa dibeli di jalan. Setelah menikah dan punya bayi, repot sekali harus bawa 2 tas besar, susu anak, popok, dan lain-lain. Bayangkan kalau harus naik angkutan umum berganti-ganti.

Merental mobil adalah pilihan yang efektif dan efisien. Narasumber berikutnya, yaitu Bapak Luthfi, TRAC Bus Service Brand Manager menjelaskan mengapa perlu menggunakan TRAC untuk menyewa kendaraan di akhir tahun. 

Sewa kendaraan di akhir tahun itu cukup sulit, harga sewanya juga naik karena banyak yang mau berlibur. Jadi, kita harua merencanakan dari jauh hari, termasuk bila ingin menyewa kendaraan. Lakukan reservasi di awal bulan Desember, menjelang liburan.


Pilihan transportasi yang diakomodir oleh TRAC adalah rental mobil dan bus. Jika bepergian sekeluarga dengan jumlah anggota keluarga maksimal 7 orang, kita bisa menyewa mobil. Ada juga yang bepergian bersama keluarga besar dengan jumlah lebih dari 7 orang, maka bisa menyewa bus. Jadi, TRAC Astra Rent a Car menyediakan armada mobil dan bus untuk Personal Rental dan Rental Bus untuk kebutuhan liburan.

Layanan TRAC meliputi mobil dan bus dari dan ke tempat berlibur, atau dari bandara ke tempat wisata. Jadi, bila kita menggunakan pesawat, kita bisa memesan mobil via TRAC dari bandara sampai ke tempat tujuan wisata. 

Untuk sewa mobil di TRAC Astra Rent a Car, kita bisa memakai driver (supir), bisa juga tidak (self drive atau layanan sewa mobil lepas kunci). Sebelum menyewa, perhatikan kebutuhan traveler juga apakah single atau family.

KEUNGGULAN LAYANAN TRAC 
Apa keuntungan dari TRAC Astra Rent a Car? Nah, Bapak Riyadi sebagai TRAC Rental Deputy COO menjelaskan kelebihan dari TRAC yang bisa kita pertimbangkan, yaitu:

  • Kondisi mobil dan busnya bersih serta terawat, seperti yang diceritakan oleh Febrian. Sehingga penumpang merasa nyaman berada di dalam mobil meskipun saat perjalanan jauh. Kita juga bisa memilih kendaraan sesuai dengan kebutuhan, karena TRAC memiliki aneka jenis kendaraan seperti SUV, Sedan, MPV, dan Compact. Untuk busnya pun ada aneka ukuran yaitu Small, Medium, dan Big. 
  • Usia mobil masih baru, karena usia maksimal yang digunakan untuk armada TRAC adalah 3 tahun. Jadi kendaraannya masih sangat layak jalan untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat kondisi kendaraan yang sudah tua dan tidak layak jalan. 
  • Memberikan asuransi perjalanan yaitu asuransi kendaraan dan penumpang sebagai jaminan keselamatan. Jika kendaraannya rusak di tengah jalan, maka pemakainya tidak dikenakan biaya perbaikan atau penggantian mobil tapi hanya dikenakan biaya klaim asuransi.
  • Jika mobil rusak di tengah jalan, maka akan diberikan mobil pengganti. 
  • Ada 24 Jam Emergency Service di mana pun dan kapan pun. Kalau mobil atau bus TRAC itu mogok di tengah jalan, tinggal telepon saja. 
  • Driver atau pengemudi yang profesional. Kalau kita merental mobil sekaligus drivernya, maka driver tersebut telah memiliki skill mengemudi yang mumpuni dan telah belajar defensive driving, suatu kemampuan untuk siap siaga menghadapi situasi apa pun saat mengendarai mobil. 
  • Kemudahan reservasi sewa mobil dengan outlet TRAC berjumlah 46 yang ada di 23 kota. 



PROMO AKHIR TAHUN
Promo TRAC akhir tahun ada paket wisata dan konsultasi tentang tujuan traveling. Jika pesan sebelum tanggal 15 Desember 2018 ada paket tambahan sewa mobil gratis. Contoh: jika sewa 2 hari, maka dapat tambahan sewa gratis 1 hari. Kalau sewa 4 hari, maka dapat tambahan gratis 2 hari. Kalau sewa 6 hari, maka dapat tambahan sewa 3 hari. Promo ini khusus untuk Self Drive atau lepas kunci.


Promo juga hanya berlaku untuk perjalanan dari tanggal 1 Desember 2018 sampai 13 Januari 2019. Kendaraan yang bisa dipilih adalah Toyota Avanza dan Toyota Innova. Keduanya memang kendaraan yang paling banyak dipilih oleh pelanggan TRAC.

Promo ini berlaku di semua cabang TRAC di seluruh Indonesia. Pelanggan harus mengambil kendaraannya sendiri. Jika minta kendaraannya diantar ke rumah, maka nantinya akan dikenakan biaya ekspedisi. Yang pasti sih, dengan harga yang tertera pada infografis di atas, biaya sewa mobil dengan bonus tambahan hari ini termasuk murah lho.


5 HAL PENTING YANG HARUS DIPERSIAPKAN SEBELUM LIBURAN 
Nah, berikut ini adalah 5 hal penting yang harus dipersiapkan sebelum liburan, supaya perjalanan liburan kita tetap nyaman, aman, terkendali, dan menyenangkan. Terutama untuk ibu-ibu yang punya banyak anak seperti saya.


  1. Itinerary atau rencana perjalanan dan estimasi pengeluarannya.
  2. Akomodasi, tempat tinggal yang akan ditempati selama di lokasi liburan, misalnya hotel, homestay, atau menginap di rumah saudara hehe.... 
  3. Destinasi, tujuan liburannya harus jelas. Jangan sampai berjalan tak tentu arah. 
  4. Transportasi, kendaraan dari dan ke tempat liburan. Pilihan merental mobil via TRAC Astra Rent a Car perlu dipertimbangkan terutama dengan adanya promo akhir tahun.
  5. Kebutuhan yang harus dibawa. Tentu berbeda kalau jalan sendiri dan jalan bersama keluarga. Berhubung sudah masuk musim hujan, bawa juga perlengkapan yang sesuai seperti payung, jas hujan, jaket, dan lain-lain. 



Jangan lupa manfaatkan promo akhir tahun, salah satunya dari TRAC untuk menghemat biaya pengeluaran liburan. Liburan tanpa ribet dengan TRAC Astra Rent a Car.  Informasi lebih lanjut:

www.trac.astra.co.id
Instagram: @trac_astra 

30 comments:

  1. TRAC emang mantep banget ya bun, apalagi soal mobil rusak di tengah jalan, maka akan diberikan mobil pengganti. Ulala, servis yang oke punya. Pengen akhir tahun bisa mudik ke Bali, TRAC jadi rekomended banget ini.

    ReplyDelete
  2. Wah pantesan jarang lihat Mas Febrian nyanyi lagi. Sekarang sudah jadi traveler ternyata. Iya sewa mobil penting banget kalo bawa anak. Saya juga kok kalo ga ada mobil online ya sewa mobil

    ReplyDelete
  3. Wah mantab banget ini..cabangnya ada di seluruh Indonesia ya.. pas banget dg rencana jalan2 ke Malang naik KA, terus di sananya bisa paket TRAC deh.. TFS mba..

    ReplyDelete
  4. Urusan mogok saat lagi jalan itu gak ngenakin banget ya, tapi kalau udah ada jaminan service 24 jam gitu kan jadi gak was-was. Lagian yakin, kalau rajin diservis kendaraannya, Insyaallah akan terhindar dari urusan mogok, kok. Mantap pokoknya!:)

    ReplyDelete
  5. Kl bunda udah gak bisa bikin planning liburan tapi bisanya usul doank, semua keputusan ditangan ancuman (anakcucumenantu). Bunda mah tinggal ikut dengan catatan dlm perjalanan harus boleh brenti utk bikin foto2, hehe...

    ReplyDelete
  6. wah enak ini sewa 6 hari cuman bayar 4 hari dengan TRAC pasti liburan makin hepi ya mba ga cuman ke Solo tapi bisa kesana kemari :)

    ReplyDelete
  7. Bener banget mba, itinerary itu penting biar waktu di sana gak terbuang untuk mikirin mau kemana aja. Kalaupun ada yang terlewat satu dua gak masalah nanti bisa cari alternatif lain sebagai penggantinya. Trac ini kayanya fasilitasnya oke yaa, liburan keluarga aman dan nyaman pastinya

    ReplyDelete
  8. Cerita-cerita ya kalau nanti jadi jalan-jalan pakai TRAC. Bakal seru nih kayaknya :)

    ReplyDelete
  9. In TRAC ad di Makassar gak mba?

    Asyik nih bagi traveler gak perlu lagi khawatir soal kendaraan ��

    ReplyDelete
  10. Liburan jaedi berkesan dan mudah dengan trac ini ya mba

    ReplyDelete
  11. Enaknya naik mobil kalo pergi2an bisa mampir-mampir dalam perjalanan ya. Ayo mbak Lelya ditunggu cerita2 di Solonya ya nanti. AKu ke kota tetangganya aja Semarang JOgja :)

    ReplyDelete
  12. Aku pun jadi kepikir pengen pakai jasa TRAC buat lebaran tahun depan sekeluarga ke Jogja, Mbak. Biar kitanya nggak capek dan nyaman selama silaturahmi ke sana-sini pas di sana entar.

    ReplyDelete
  13. Asyik banget tu promonya Mbak.
    Sayang banget deh klo dilewatkan ya. Bisa puas jalan2 seminggu tuh. Apalagi service TRACK keren gituu ;)

    ReplyDelete
  14. Asik dong mba kalo bayar 4 hari bisa menggunakan untuk 6 hari. Selamat berlibur yaaa

    ReplyDelete
  15. Aku juga lebih suka pakai mobil kalau liburan, bisa bebas kemana aja, beli macem2, ga bingung nenteng di kendaraan umumnya :)

    ReplyDelete
  16. Wah kalau mobilnya kenapa2 di jalan bakalan diganti?
    Aku mau nyewa sekaligus sama drivernya deh!

    ReplyDelete
  17. Bener bnaget mbak hal penting itu kendaraan ya kalau liburan darat, aq pernah kemarin liburan lupa cek cek kendaraan tau tau di tengah jalan mogok huhuhu terpaksa harus nyewa lg
    Kalo naik kereta pertama baru liburan ke yogya waktu itu. Ini nyaman banget pasti keretanya

    ReplyDelete
  18. Salah satu alternatif bagi yg ingin ke luar kota dg aman dan nyaman
    Btw lama jg y mb 11 th wuihh

    ReplyDelete
  19. Wah asyik dong acara jalannya kalo nemu sewa mobil yang ok begini

    ReplyDelete
  20. Mantap ini....dapat bonus sewa beberapa hari.
    Pas banget, mba Leyla...adikku mau main ke Bandung, dan mobil kami mungil...
    Jadi bisa sewa di TRAC kali yaa...

    Haturnuhun infonya, mba...

    ReplyDelete
  21. Itu lumayan banget loh promonya mbak..tinggal prepare hotelnya ya.

    ReplyDelete
  22. Bisa nih nyewa do TRACk, aku nih kalo liburan harus pake mobil yg agak besar anaknya banyak soalnya hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku idem kayak make irul Kali no sewa Mobil harus yg agak besar krn ada anak n menantu Dan bodynya gede gede

      Delete
  23. Jadi lebih mudah ya kalau jalan-jalan pakai TRAC. Thanks infonya mba :)

    ReplyDelete
  24. Saya juga sudah tanya tanya adek kalau mudik nanti dan mau ke Malino ada TRAC apa ga. Masih dicarikan infonya

    ReplyDelete
  25. Wuihh solusi bagus nih buat liburan sama keluarga besar terus promonya juga lumayan banget ya.

    ReplyDelete
  26. Paling seneeeng nih mba kalau ada promo akhir tahun hehehe. Dan pastinya mobil harus fit kalau mau jalan jauh ya. Cek dan ricek lagi

    ReplyDelete
  27. Jadi mempertimbangkan sewa mobil plus driver ni liburan akhir tahun, biar suami nggak capek nyupir....

    ReplyDelete
  28. Aku selalu sewa mobil plus driver jika bepergian krn kami memamg tidal punya mobil

    ReplyDelete
  29. aku mau bawa keluargaku dan saudaraku, ponakanku, ipar2ku, papaku. kayanya keangkut semua nih pake elfnya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...