Thursday, December 27, 2018

Tempat Wisata di Garut yang Ramah Anak



Assalamualaikum. Liburan akhir tahun yang bertepatan dengan liburan sekolah anak-anak, selalu jadi kesempatan kami sekeluarga melakukan family traveling. Suami sengaja menghabiskan masa cutinya di akhir tahun, agar kami bisa menikmati liburan bersama-sama.


Alhamdulillah, perjalanan liburan kami di akhir tahun 2018 ini cukup panjang. Setelah liburan di Garut, kami melanjutkan perjalanan ke 3 kota di Jawa Tengah yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Saya ceritakan dulu momen liburan di Garut yaaa....

Tanggal 22 Desember, kami mulai perjalanan ke Garut yang kalau dari Bogor itu naik mobil pribadi bisa ditempuh dalam waktu 5 jam. Ternyata, kami terkena macet karena banyak yang mau liburan juga. Alhasil, butuh waktu kurang lebih 12 jam dari Bogor ke Garut. Wow, mantap nian. 

Tempat tujuan kami adalah tempat wisata di Garut yang ramah anak, karena kami membawa 3 anak usia 7-11 tahun. Berhubung di Garut hanya dua hari dua malam, maka kami hanya sempat mendatangi 2 tempat wisata. Berikut ini adalah 2 tempat wisata di Garut yang ramah anak: 

Taman Satwa Cikembulan 
Ini yang ketiga kalinya saya sekeluarga datang ke Taman Satwa Cikembulan Garut. Dulu kami datang ketika anak-anak masih kecil, jadi mereka sudah lupa suasananya. Ketika kemarin kami datang, kondisinya sudah sedikit berubah. 

Foto bersama Kakek di pintu masuk

Jumlah satwa sepertinya masih sama, tapi ada beberapa fasilitas yang ditambah seperti tempat bermain anak dan saung gratis. Taman Satwa Cikembulan ini tidak terlalu luas, tak seperti Kebun Binatang Ragunan. Jadi anak-anak tidak terlalu lelah mengitarinya. 

Harga tiket masuk untuk orang dewasa Rp 30.000 dan anak-anak Rp 20.000 dan masing-masing mendapatkan teh kotak. Harganya cukup mahal, tapi kalau dipikir ya memang tidak murah untuk merawat binatang-binatang yang termasuk satwa yang dilindungi itu. Apalagi di sini ada satwa pemakan daging seperti buaya, singa, ular, dan macan tutul. 

Kita bisa melihat semua binatang itu dari dekat meskipun di dalam kandang yang ketat. Kalau di kebun binatang lain yang lebih luas, jarak kandang singanya sangat jauh sehingga sulit dilihat. Binatang yang jumlahnya cukup banyak di sini adalah kera atau monyet dan burung. 

Kera yang tak malu difoto

Ada burung unta, macau biru, bangau, elang, dan burung-burung lain yang jarang kita lihat di alam bebas. Menariknya, pengunjung diberikan saung gratis sebagai tempat beristirahat dan makan siang. Makanan bisa dibawa dari luar, bisa juga beli di dalam. Fasilitas toilet dan musola cukup baik dan bersih. 

Berfoto bersama Macau Biru

Fasilitas bermain untuk anak ada yang gratis, ada yang bayar. Yang berbayar misalnya naik kuda dan perahu. Untuk naik perahu dihargai Rp 20.000 per perahu satu kali putaran. Satu perahu bisa muat 4 anak. Ada yang membantu menyetirkan perahunya, jadi anak-anak tinggal mengayuhnya dengan santai. Di atas danaunya itu ada jembatan yang bisa dilintasi dan berswafoto, terlebih di bawahnya lalu lalang angsa-angsa yang cantik dan ikan koi.

Anak-anak puas sekali bermain di Taman Satwa Cikembulan ini. Hampir seharian kami berada di sini. Bukan sekadar tempat bermain, taman satwa ini bisa menjadi sarana belajar anak-anak mengenal aneka satwa yang tak pernah dilihat sehari-hari. 

Pemandian Air Panas Cipanas 
Meskipun tak sebesar waterboom atau waterpark, pemandian air panas di Cipanas ini selalu ramai dikunjungi. Airnya tak sekadar panas, tapi juga mengandung belerang untuk menyembuhkan penyakit kulit, rematik, dan lain-lain. Airnya berasal dari pegunungan. 

Siap berenang

Tiket masuknya untuk anak Rp 20.000 dan dewasa Rp 30.000. Anak usia 2 tahun, gratis. Kolam renangnya ada kolam renang umum dan kamar berendam untuk 2 orang dewasa. Untuk kolam berendam, biayanya Rp 40.000 per kamar. Kami memilih kolam renang umum supaya bisa bebas berenang.


Jam buka pemandian air panas ini adalah jam 5 pagi sampai 9 malam. Panjang sekali ya waktunya? Karena menggunakan air panas, jadi mandinya bisa pagi dan malam hari. Air panas di kolam berendam lebih panas daripada di kolam renang umum. Mungkin karena luas kolamnya berbeda. 

Kalau di kamar berendam, jam berendam dibatas maksimal 2 jam karena kadar belerang lebih tinggi. Jika terlalu lama, khawatir pingsan karena zat yang terkandung di dalam belerang. Sedangkan di kolam renang umum tidak dibatasi jamnya karena kadar belerangnya tidak sekuat di kolam berendam juga dalam udara terbuka.

Tonton keseruan berenangnya di channel youtube saya yaaa.... 


Masih banyak tempat wisata lain di Garut, tapi berhubung waktu liburan yang singkat, kami hanya sempat mendatangi dua tempat wisata itu yang lumayan sudah bisa menghibur anak-anak. Tak perlu khawatir soal akomodasi, karena ada banyak hotel di Garut dengan harga yang ramah kantong. Apalagi kalau pesannya di Pegi-Pegi yang saat akhir tahun ini banyak promo. Terutama kalau pesannya di aplikasi Pegi-Pegi yang bisa diunduh gratis di Playstore.









75 comments:

  1. Kalau ke Garut kita saya dan keluarga juga pasti mampir ke kolam air panas, anak2 pada suka, berendam dan berenang bikin badan jadi segar.

    Happy holiday mom😉

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah ke garut padahal cukup deket hehe. Oh disana ada taman satwa ya, lebih murah dari di bandung. Next liburan coba main kesana ah :D

    ReplyDelete
  3. Waaah bagus sekali pasti tempatnya, ada banyak satwa.

    ReplyDelete
  4. Enak tuh habis keliling-keliling lihat satwa trus mandi di kolam renang hehe

    ReplyDelete
  5. Baru tahu di Garut ada Cikembulan taman satwa :) tiketnya mursidalah mba apalagi dah dpt teh kotak soalnya ada nih kasih makan hewan doang sampe 70K emak nangis2 lihatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah kukira mahal karena di Ragunan tiketnya cuma Rp 10.000. Ternyata ada yang lebih mahal ya sampe 70.000 per orang.

      Delete
    2. iya mba Ela mending kalau luas gitu tempatnya duh ini empet2an mending kasih makan hewan langsung ke peternakannya deh

      Delete
  6. Buat yg punya anak2 uda uasti pas moment liburan begini hunting tempat wisata yang ramah anak ya heheee... Supaya anak2 bisa menikmati main2nya di sana

    ReplyDelete
  7. Walau besar di bandung tapi aku belum pernah ke 2 tempat wisata itu bun. Aduhhh jadi malu aku. Semoga nanti bisa berkesempatan maen ke sana ya. Kebetulan juga uyutnya Erysha tinggal di Garut juga.

    ReplyDelete
  8. Wisata hewan dan air selalu jadi dambaan keluarga yaa mba. Begitupun dg si bayi. Pass bgt nih

    ReplyDelete
  9. Asyik juga ya di Garut, saya belum pernah ke sana nih, kudu ngintip pegi-pegi nih, biar biasa makin mupeng ke Garut, pegi-pegi banyak promo ya mba, pengen deh liburan :)

    ReplyDelete
  10. mom aku udah pernah ke kolam renang surya alam pas masih kerja di bandung. huhuhuu rindu sangat sama suasana yang masih asri dan dingin.

    ReplyDelete
  11. Boleh juga nih rekomendasinya, biasanya kalau ke Garut aku malah stay di Sumber Alam tapi kemarin terakhir aku ke Kebun Mawar Situhapa juga enak kalau stay sama keluarga.

    ReplyDelete
  12. waaah jadi rindu main ke garutt mbaaak, dulu diajakin sama kakak ke taman bunga matahari di Garut mbaak :)

    ReplyDelete
  13. Udah lama banget gak ke pemandian cipanas, jadi pengen lagi jalan-jalan ke sana

    ReplyDelete
  14. Wah, noted banget nih. Aku sering ke Garut. Tapinya kalo ke sana, pasti deh mainnya gak variatif. Anak2 sampe bosen kalo main ke Garut. Tapi kalo tahu ada tempat ramah anak ini, mereka kayaknya suka.

    ReplyDelete
  15. Asyiknya jalan jalan ke Garut. Btw murah ya mbak perahunya 20rb utk 4 orang. Anakku suka naik perahu...dan kadang nggak mau turun dari atas perahu. Hahaha...emaknya yang pusing dan mabok air

    ReplyDelete
  16. Wah cuma 5 jam ternyata ke Garut dari Jakarta yaaa
    Belum pernah ke sana saya
    Pengin berendam air panas juga. Pasti seneng deh anak-anak ke sana

    ReplyDelete
  17. Selain pemandanganny yang bagus ternyta banyak tempat wisata keren ya mbak di Garut. Ku fikir Bandung aja hehhe. Coba ah akhir tahun ini wisata ke Garut heheh

    ReplyDelete
  18. aku blom jadi nih mbak ke garut padahal uda lama banget pengen disana.. btw wisatanya banyak juga ya di garut

    ReplyDelete
  19. Harga tiket taman satwanya hampir sama kaya di Jogja. 25ribu/orang. Anak2 selalu seru kalo main ke kebun binantang begini ya mba :)

    ReplyDelete
  20. Seru banget kalau bisa liburan bersama anak-anak. Kalau aku cuma pernah traveling ke kebun binatang dan kolam renang bersama keponakanku.

    ReplyDelete
  21. wuah... liburan akhir tahunnya mantap banget mbak! dari Garut lanjut lagi ke tiga kota.. ditunggu cerita liburan selanjutnya yaa

    ReplyDelete
  22. Klo dengar Garut, aku langsung ingat dodol garut. Tetanggaku ada yang orang garut dan setiap mereka pulang kampung, kami selalu dapat oleh-oleh dodol garut yang bungkusnya kayak kertas itu. Iihh doyan banget aku sama dodol itu dari dulu.

    ReplyDelete
  23. Aku belum pernah main ke Garut bund.
    Pengen kapan-kapan jalan jalan ke sini ah. Itu aku galfok sama lipstikmu bund, meski di air masih cling banget ya hasilnya.

    ReplyDelete
  24. Garuuut, duuh serunya liburan di Garut. Ini salah satu destinasi wisata yg gagal kukunjungi di 2017 lalu nih hihi. Banyak penginapan kece disana ya mba.

    ReplyDelete
  25. Di Garut itu di mana ya Mbak tempat buat bisa ngeliat domba garut? Aku kalau inget Garut selalu terngiang sama dodol garut. Meuni enakeun pisan ya..

    ReplyDelete
  26. Wow senangnya liburannya banyak Mbak. Aku liburan di Jogja aja. Sama bolak balik ke Jakarta dan Depok survei SD nya si sulung hiks. Harus tetap disyukuri sih masih bisa jalan-jalan di kota

    ReplyDelete
  27. Seru juga ya liburan bersama anak-anak ke Garut. Ternyata harga booking hotel di Garut lumayan terjangkau juga ya.Mau instal aplikasi pegipegi juga ah.

    ReplyDelete
  28. Ke garut jangan lupa oleh oleh nya ya mba dodol garut.. wah pemandian air panas cipanas di garut ya, ku dari dulu pengen banget kesini katanya air belerang bukan sih mba

    ReplyDelete
  29. Belum pernah ke Garut, padahal udaranya sejuk ya di situ? baru tau kalau Garut juga punya tempat wisata seru. Semoga aku cepet ada rejeki buat mampir ke Garut :)

    ReplyDelete
  30. Musim liburan sangat menyenangkan hati apalagi di akhir tahun

    Dengan harga tiket terjangkau maka kita bisa mengajak anaka anak untuk liburan ke tempat wisata yang ramah anak selain ditempat penginapan yang murah dan nyaman.

    ReplyDelete
  31. Aku belum pernah kunjungi Garut lho mba, kapan ya bisa ke sana.
    Tempat wisatanya kayanya perlu dieksplorasi lagi tuh biar tambah femes

    ReplyDelete
  32. Saya belum pernah berkunjung ke garut dan lumayan tercengang melihat harga tiket yg cuma 5rb an.

    ReplyDelete
  33. Duh asyiknya yang piknik ke Garut,, btw mak Leyla itu hotelnya kok murah2 banget ya setidaknya terjangkau lah buat kantong akuh hehe.

    ReplyDelete
  34. Pengen deh ke garut keknya enak banget air panasnya. kebetulan kalau mudik suka melewati garut kali aja nanti bisa kesini mbak. Terjangkau banget pula mbk hotelnya

    ReplyDelete
  35. Bunda blm pernah ke Garut. Melihat kolam renangnya yg mantap banget kebiruannya, jd kapan2 mau bujuk anak2 bikin jadwal liburan ke sini

    ReplyDelete
  36. Eh itu jembatan gantungnya pakai ram kawat, ngeri ngeri sedap Mbaaaa.... Tapi keren ya buat foto-foto #teteeeup hehehe....

    ReplyDelete
  37. Sudah lama ga pergi ke tpt wisata di Garut nih wkt anak2 kecil seringnya ke daerah Cipanas Garut...beberapa kali nginep di hotel juga...banyak pilihan banget jd pengen ke sana lagi hehe..

    ReplyDelete
  38. Jadi kangen Garut setelah baca ini..tapi tpt wisatanya kalau anak2 sudah besar ke pantai aja mungkin ya hehe..

    ReplyDelete
  39. Di Garut juga ada Cipanas ya, kmrin ke Cirebon juga ikut ngerendam di air brlerang sakanurip...

    ReplyDelete
  40. Eh, cipanas itu masuk garut kah? Kirain bogor. Aku ngakak parah nih baca caption monyet yg ga malu difoto ��

    ReplyDelete
  41. saya belum pernah ke Garut nih Mba. Tapi tiap kali dengar nama Garut, yang ada di kepala adalah dodol garutnya, hehehe.

    Asyik banget yaa bisa berenang bareng anak, anakku pasti senang banget tuh diajak berenang ke kolam renang :)

    ReplyDelete
  42. Dari kemarin pengen banget berenang, cuma hawa Jogja lagi dingiin brrrr.... Kayanya berendam di kolam air hangat ini nyaman ya mba. Olahraga juga nggak berasa, badan seger dan capek capek jadi hilang

    ReplyDelete
  43. Belim pernah ke taman satwa cikembulan, harga tiket masuknya terjangkau ya, cocok untuk wisata keluarga, kalau ke Tasik, pengen mampir ke sana ah, biasanya mampir ke pemandian air panas Cipanas Garut

    ReplyDelete
  44. Baca Garut ingat dodolnya.

    Dulu waktu aku kecil, SD gitu, punya tulang (paman) yang kaulau datang pasti bawa dodol Garut Picnic dan biskuit Khongguan.

    Jadi Garut memang spesial banget di hatiku!

    ReplyDelete
  45. This will be a perfect place for family ya mba. We have not been to Garut for a long time and I guess it will be good to go back there. I wanna try the hot spring!

    ReplyDelete
  46. dulu aku pernah berenang di waterpark gitu di garut. namanya lupa. Garut semakin memperbanyak tempat wisatanya ya. jadi pengen kesana.

    ReplyDelete
  47. Bund ajak aku main ke Garut dong hahaha, belum pernah mengijakan kaki ke Garut nih
    Seru semua wisatanya aku mupeng

    ReplyDelete
  48. Belum kesampaian main ke Garut, udah Boyongan aja dari Subang. Aku paling suka renang di kolam air panas, enak gitu di badan. Aku baru tau ternyata berendam di air panas itu dibatasi ya. Kukira dulu terserah gitu sampai berapa lama

    ReplyDelete
  49. Aku dulu waktu SMP pernah main ke Garus tapi cuman sekedar main sebentar aja. Dan sekarang pengen banget main ke Garut lagi. Pengen sebenarnya eksplor Jabar.

    ReplyDelete
  50. harga tiket masuk ke Taman Satwa kayaknya worth it koq Mbak, kan dapat teh kotak juga terus gak perlu sewa saung lagi kan ya kalau udah di dalam.
    anak-anak juga bisa puas belajar dan mengenal jenis satwa yang ada di Taman tersebut :)
    pasti mereka puas ya dengan liburannya :)

    ReplyDelete
  51. Seru ya mb liburannya, inget waktu SMP ke Garut cuma ke Pantai Santolo, kebun mawar, jalan jalan ke pasar tradisionalnya. Jadi kangen pengen ke Garut

    ReplyDelete
  52. Air belerang bagus buat kulit. tetapi, kalau kelamaan berendam juga malah jadi sebaliknya. Apalagi kalau ada luka. Pernah kejadian ma anak saya. Jejeritan setelah main air di kolam belerang kelamaan. Waktu main airnya mah lupa waktu :D

    ReplyDelete
  53. Anak-anak pasti makin betah kalau berenang di kolam air hangat.
    Tapi memang rasanya beda yaa, mba...

    Kelamaan kum-kum di air hangat juga rasanya gak nyaman.
    Emm, aku kok ngalamin rada sesak, gituu..

    ReplyDelete
  54. Aku cuma numpang lewat aja di Garut, atau sama belanja oleh-oleh aja. Ntar pan-kapan mau mampir untuk berendam, lumayan kayaknya bisa ngilangin capai di perjalanan. Btw, monyet suka banget difoto, beberapa kali kalo ke kebun binatang, mereka kayak pamer gigi kalo kita motret, hahahaa

    ReplyDelete
  55. seru banget Mbak Ela, jalan dan main bersama anak, lihat hewan, berenang, dll apa lagi bersama keluarga, jadi pengen mandi di kolam yang air panas

    ReplyDelete
  56. Udah lama banget ke Garut dan berendam di Kolam Renang Surya Alam. Lumayan juga ya, berendam di air panas. Badan jadi terasa lebih enak

    ReplyDelete
  57. Saya belum pernah ke Garut hehe. Kalau nanti ada kesempatan ke sana, saya pasti bakal kunjungi Tempat pemandian air panasnya. Karena itu terkenal bgt ya hehehe

    ReplyDelete
  58. Ni pemandian Cipanas, sodara dan temen temenku udah sering main ke sana. Akunya aja yg belum kesampaian. Biasanya gegara waktunya nih yg bentrok mulu pas sodara mo ke sana. Pengen banget ke sana, penasaran kek apa hehe

    ReplyDelete
  59. Tiket masuk ke kebun binatang di Garut ini kayaknya masih lumayan murah, Mbak.. apalagi dapat teh kotak juga kan? Soalnya di Gembira Loka, Yogya, seingat saya sampai 60.000

    Tapi kembali lagi, demi kesejahteraan satwa di dalam sana, dan demi anak-anak yang gembira melihat binatang-binatang yang beraneka ragam, tentu harga segitu cukup setimpal ya, Mbak.. :)

    ReplyDelete
  60. aku tuh belum pernah ke garut buat liburan khusus. paling cuma lewat aja pas lagi mau ke bandung versi jalan-jalan jadi lewat jalan muter...

    ReplyDelete
  61. Sering denger dan baca postingan tentang pemandian air panas Garut..jadi pengen. Beda ya mbak rasanya pemandian air panas Garut ini?ngebayanginnya kayak bikin pegel2 ilang nih..

    ReplyDelete
  62. kolam renangnya dingin nggak airnya karena garut lumayan dingin juga ya kalo nggak salah udaranya. kayaknya enak berenang disana.

    ReplyDelete
  63. Garut hujan2 gini kaya es gak yaaa. Aku belum bisa renang, jadi kolam renangnya skip dulu. Main ke tempat lain aja

    ReplyDelete
  64. Sejak jadi ibu, saya kerasa banget kalo nemu tempat wisata yang ramah anak itu berasa dapet oase eaa.. btw saya belum pernah ke garut mba, pernah cobain makanannya aja hihi

    ReplyDelete
  65. Deg2an juga kalau pas ngelewatin kandang binatang buat macam singa... secaraa jarakny dekat dg pengunjug gitu mbaa

    ReplyDelete
  66. Agak jarang lho tempat wisata yg ramah anak. Padahal sejatinya tempat wisata kan untuk anak anak ya kak. Boleh nih jadi rekomendasi kalau suatu hari aku ke Garut. TfS ya kak

    ReplyDelete
  67. Jarang banget nih bisa jalan2 ke Jawa Barat. Kapan-kapan kudu nyobain ke Garut juga. Cipanas ini udah terkenal banget ya sejak jaman dulu, tapi aku kok belum pernah ke sana. Semoga suatu saat bisa bawa anak-anak jalan-jalan ke berbagai tempat di Jawa Barat, salah satunya ya ke Garut ini.

    ReplyDelete
  68. mbak leyla mah jalan jalan terus nih.. postingan di blog dan IG isinya jalan jalan terus.. aku punya temen di Garut cuma belum pernah ke garut. paling jauh mainku ke pangandaran hehhee

    ReplyDelete
  69. Aku penasaran taman satwanya apa mirip2 kebun binatang, lengkap gtu koleksinya seperti kebun binatang atau lbh kyk mini zoo gtu ya?
    Wah asyik tu mandii di pemandian air panas. Bisa sampai malam pula krn jam bukanya panjang jd walu mandi malam tetep anget ya.

    ReplyDelete
  70. mba, liburannya banyak banget sampe beberapa kota. aku liburan kemaren ga kemana-mana, tapi cuma kondangan ke batang. kalo ga ya udah di rumah aja

    ReplyDelete
  71. Asyik banget liburannya mba, pasti anak2 hepi ya. Lain kali mau juga ah ke Garut, itu tempat wisatanya anak2ku bakalan suka banget 🤗

    ReplyDelete
  72. Ga terlalu mahal ya mba tiket masuknya. Asik juga bisa berendam dan berenang bareng keluarga.

    ReplyDelete
  73. Mbaaa aku lihat foto pertama langsung ngeri, takut anaknya tergelincir. Tiket masuknya murah ya mba, pilihan hotelnya juga banyak yg murah.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...