Monday, December 3, 2018

Zodiak Bukan Penentu Kepribadian



Sewaktu remaja, saya termasuk orang yang percaya bahkan kecanduan dengan ramalan zodiac. Semua majalah remaja yang saya baca, pasti menyuguhkan ramalan zodiac. 

Jujur, rubrik zodiac itu yang pertama kali saya buka. Saya bahkan menulis novel tentang seorang gadis yang sangat percaya dengan zodiac. Judulnya, Zodiacholic. Novel itu belum terbit juga karena belum ketemu penerbit yang pas. 

Rasanya ramalan zodiac itu kok tepat ya buat saya? Setelah mendalami agama dan mengetahui bahwa percaya dengan ramalan itu termasuk syirik atau menyekutukan Allah, saya berusaha menahan diri untuk tidak membaca zodiac. Alhamdulillah, sekarang saya sudah tak pernah membaca ramalan zodiac apalagi mempercayainya. 
Ternyata, ramalan zodiac itu memberikan sugesti pada diri kita agar kita bertindak sesuai yang diramalkan. Kalau positif, mungkin bagus. Bagaimana kalau negatif? Contohnya, ramalan zodiac tentang kepribadian seseorang.

Sesuai tanggal lahir yaitu 1 November, maka zodiac saya adalah Scorpio. Seperti simbolnya, Kalajengking, orang Scorpio itu katanya menakutkan. Kalau saya cerita ke teman yang juga percaya zodiac bahwa saya Scorpio, mereka pasti ngeri. Akhirnya, saya mensugesti diri sebagai orang yang menakutkan. Hadeuuh.. padahal, setiap orang bisa menjadi baik. 

Bagi saya, zodiac bukanlah penentu kepribadian. Saya tak mau kepribadian saya seperti ramalan zodiac Scorpio ini: 

Mudah Emosi dan Pendendam
Naudzubillahimindzalik yaa... amit-amit deh kalau punya kepribadian seperti ini. Katanya, orang Scorpio itu mudah emosi dan pendendam. Kalau ada orang yang jahat kepadanya, maka Scorpio akan membalas kejahatan itu dengan perbuatan yang lebih jahat lagi.

Ya ampun, nggak kebayang kalau saya benar-benar punya kepribadian seperti itu pasti saya sudah jadi narapidana. Mungkin saya pernah terbawa sifat yang seperti itu, tapi seiring dengan bertambahnya usia dan kematangan berpikir, sekarang saya memilih untuk diam saja kalau ada orang yang menyakiti. 

Saya juga mengamalkan satu dari perbuatan yang bisa membawa kita ke surga, yaitu memaafkan kesalahan orang lain sebelum dia meminta maaf. Saya berusaha menghindari perdebatan. Saya memilih untuk hengkang dari grup whatsapp ketika atmosfir diskusi di dalam grup itu banyak menimbulkan keburukan. Ya itulah cara saya untuk menampik ramalan tentang zodiac Scorpio.

Mudah Cemburu 
Cemburu itu wajar, apalagi kepada pasangan. Kita harus memiliki rasa cemburu sebagai tanda cinta. Tapi kalau sudah berlebihan, ya nggak wajar. Posesif namanya. Scorpio diramalkan memiliki rasa cemburu yang besar sekali sehingga tak mudah mempercayai pasangan.

Ini kan sifat yang nggak bagus dan akan membuat pasangan tersiksa. Di awal menikah, saya terpengaruh dengan ramalan ini sehingga sulit mempercayai suami. Saya selalu menyelidikinya secara diam-diam sampai kesusahan sendiri.

Ya gimana nggak susah? Hidup saya nggak tenang karena selalu berpikir bahwa suami berselingkuh. Pernah ya suatu ketika ada foto seorang gadis di album hape suami saya. Saya pun marah ke suami, kirim pesan dengan isi menuduh suami berselingkuh, dan kami saling diam sampai beberapa hari.

Suami marah karena saya menuduhnya berselingkuh. Setelah pikiran saya jernih, saya pun menyelidiki lagi kasus foto itu, kemudian bertanya kepada suami. Yah, ternyata perempuan itu adalah teman sekantor suami yang minta difotokan oleh kamera baru suami dan fotonya masih tersimpan di hape suami.  

Jadi, suami saya punya kamera baru, lalu seperti lazimnya orang-orang zaman sekarang.  Pasti minta difotokan, mau jajal kamera baru. Itu sebenarnya kejadian yang biasa saja dalam pergaulan. Rasa cemburu yang membabibuta bisa merusak hubungan pernikahan.

Bayangkan kalau suami berprofesi sebagai fotografer, istri bisa mati cemburu karena di memori kamera suami itu ada foto-foto perempuan lain hahaha..... Akhirnya, sekarang suami saya ogah memotret orang, termasuk memotret istrinya sendiri wkwkwkw..... Kameranya pun diserahkan sepenuhnya kepada saya. 

Suka Berprasangka Buruk
Astaghfirullah, sifat apa pula itu yang ada pada diri Scorpio? Mengerikan sekali kalau setiap hari selalu berprasangka buruk. Hati saya pasti tak pernah tenang. Apa bisa tidur ya kalau pikiran selalu dipenuhi prasangka buruk? 

Dalam sebuah hadist Nabi disebutkan bahwa Allah mengikuti prasangka hamba-Nya. Jadi kalau kita berprasangka buruk, bisa jadi prasangka itu menjadi nyata. Karena itulah kita disuruh untuk berprasangka baik saja. 

Apalagi kalau kita berprasangka buruk terhadap seseorang yang belum kita kenal betul. Akibatnya, hubungan pergaulan pun tidak lancar. Saya nggak mau ah punya kepribadian seperti itu. Usir jauh-jauh prasangka buruk.

Baca Juga: Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga 

Nah, itulah 3 dari beberapa kepribadian Scorpio yang saya hindari. Bagi saya, zodiac bukan penentu kepribadian. Kita bisa terus belajar memperbaiki kepribadian yang negatif. Dan jika kita beragama Islam, sudah tentu tidak boleh mempercayai zodiac karena merupakan ajaran agama lagi (silakan cari ya agama apa) serta termasuk bagian dari syirik, dosa besar. Naudzubillahimindzalik.


22 comments:

  1. Basicly saya juga nggak percaya sama ramalan-ramalan bintang gitu, Mbak. Paling kalo baca gitu cuma buat seru-seruan aja, gak diambil serius. Hehe 😁
    Dan karakter-karakter yang muncul pun sebenernya juga umum dimiliki semua orang, jadi gak bisa dipukul rata ke orang-orang yang berzodiak tertentu aja yang punya karakter tersebut.

    ReplyDelete
  2. Aku gak begitu percaya sih sama ramalan ramalan bintang gitu, belum lagi terkadang kan pasti berbeda-beda tiap terbitan ramalan gitu hehe.. Kadang suka bacain tapi yaa semuanya gitu gk cm zodiak aku aja dan langsung ngeiyain

    ReplyDelete
  3. aku salah satu orang yang ga percaya nih sama zodiak heheh,
    gatau kenapa dari dulu setiap baca majalah bagian zodiak pasti selalu di lewat hehehe

    ReplyDelete
  4. Percaya gak percaya siyy beb . Kadang akutuh pas mikir ah gapercaya eh makin dibaca dan ada beberapa yang loh kok aku banget yaaaa ini , kok bener sih tp kadang ku pikir aja ah yasudah ini hanya kebetulan hehehe

    ReplyDelete
  5. bener bun aku juga gak percaya sama ramalan-ramalan gitu bikin hidup gak tenang selain juga jatohnya syirik

    ReplyDelete
  6. Ia sih bner juga zodiak itu gk bisa di jadiin penentu kepribadian. Karena aq pernah ngalamin baca zodiak yg isinya gk sesuai...

    ReplyDelete
  7. Kalau zodiak yang baik2 diambil aja dan di aminin dan yang jelek2 mending memang ga usah percaya...dosa juga percaya gituan..hehehe

    ReplyDelete
  8. Iya Kak aku ga percaya orangnya apalagi ga suka di sugesti apalagi di stir orang lain. Hanya mau di suggets diri sendiri

    ReplyDelete
  9. jaman masih rame majalah cetak dulu aku juga gemar nyari kolom zodiak hihihi Tapi kadang suka kepikiran jadinya sih sama hasil zodiaknya

    ReplyDelete
  10. Yaampun mbaaa masih semangat ikutan BP Challenge, aku udah menyerah hahaha
    kalo aku dulu jamannya smp sma suka beli majalah cuma buat liat zodiak, terus disama2in gitu sama yang terjadi di kehidupan nyata.
    tapi itu dulu....

    ReplyDelete
  11. Buatku zodiac itu hanya lucu-lucuan mba.. karena banyak juga yang ngg pas. Yang pasti yang aku ambil yang positifnya aja.. yang negatif buang jauh-jauh..

    ReplyDelete
  12. Percaya gak percaya sih ya kalau ttg zodiak, kadang benar tapi kadang salah.. paling buat seru2an aja sih yaa..

    ReplyDelete
  13. Zaman percaya ramalan zodiac itu ketika masa-masa remaja mba. Sekarang sih udh percaya dgn realita saja ahaha

    ReplyDelete
  14. dulu pas sma percaya dan baca zodiac. sekarang mah males.. mending hadapi aja. hehe

    ReplyDelete
  15. setuju, zodiac emang bukan penentu kepribadian karena ga bisa satu zodiac disamain dengan ribuan kepala. kalo aku sih baca zodiac untuk seru-seruan aja hehehe

    ReplyDelete
  16. aku juga dulu berpikiran zodiac tuh kok selalu bener ya, dan membuat kita malah jadi percaya dan ter suggest, cuma makin sini aku makin ngerti itu gabaik :)

    ReplyDelete
  17. Dulu zaman SMP aku suka banget baca zodiak sampai akhirnya aku diberitahu kalau baca zodiak itu nggak boleh karena sama seperti kita percaya sama ramalan dan itu hukumnya haram dalam Islam

    ReplyDelete
  18. Aku ya dlu baca zodiak tapi ya buat seru seruan aja. Haha. Skarang udah nggak pernah baca zodiak :p

    ReplyDelete
  19. Aku sih gak begitu terpaku sama zodiak yg sampai tiap hari blharus baca.
    Misal lg baca majalah lg ngebahas zodiak, yaudah aku baca, kalau gak ada bahasan ttg zpdiak ya gak aku cari2

    ReplyDelete
  20. again emang cocok cocokan sih kak, ada org yg karakteristiknya tumplek blek sama zodiak. tapi ada juga yg jauh dan beda banget wkwk

    ReplyDelete
  21. punteeen aku ga pernah mau baca tentang perzodiakan huhu

    ReplyDelete
  22. Wah soal kaya gini aku ga pernah baca sih kak. Hehehe perzodiak ataupun apapun mengenai ramalan hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...