Saturday, December 1, 2018

5 Tips Hidup Sehat untuk Wanita 35+



Di saat usia terus bertambah, kita harus semakin serius untuk menjaga kesehatan. Jika tidak, keluhan-keluhan penyakit akan bermunculan dari ringan sampai berat. Menulis artikel bertema kesehatan ini membuat saya kembali terbakar semangat untuk konsisten menjaga kesehatan.


Alhamdulillah, saya tidak merokok dan minum alkohol. Tapi bukan berarti saya terhindar dari penyakit. Di keluarga besar saya, ada keturunan kanker dan diabetes. Ngeri ya. Itu kenapa saya harus benar-benar mewaspadai ancaman penyakit. Berikut ini 5 tips hidup sehat untuk wanita 35+ yang sedang saya coba jalani secara serius: 

Rutin Berolahraga 
Sudah banyaklah ya artikel yang membahas pentingnya berolahraga secara rutin untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan. Masalahnya adalah kita masih tidak rutin berolahraga karena alasan kesibukan. Banyak juga sih yang malas berolahraga.

Saya juga sering merasa malas. Terutama malas berkeringat banyak hahaha.... Kalau berolahraga pasti berkeringat kan. Rasa malas itulah yang harus dihilangkan. Berolahraga minimal 30 menit sehari pun sebenarnya sudah cukup. Jangan tunggu berlangganan kartu fitness centre, tapi mulailah dengan berolahraga ringan di dalam rumah seperti berlari-lari kecil dan senam. 

Hindari Stress 
Stress tak hanya membuat wajah berkeriput tapi juga gampang sakit seperti jantungan dan stroke. Apa yang membuat kita stress? Itu yang harus dihindari. Kalau tidak bisa dihindari maka carilah jalan untuk mengatasinya. 
Saya menghindari stress dengan tidak ngoyo bekerja. Bekerja sesuai kapasitas saja. Tak perlu ngoyo mencari rezeki, sampai tak memenuhi hak tubuh untuk beristirahat. Terlalu banyak pikiran (karena memikirkan pekerjaan) juga akan menimbulkan stress. 

Baik itu pekerjaan rumah maupun sampingan (menulis dan ngeblog), saya kerjakan semampunya. Jika kita mengambil banyak, kita akan kehilangan lebih cepat. Itu saya yakini betul. Contohnya, dulu ada wanita yang bekerja tanpa tidur selama 3 hari 3 malam. Pekerjaannya memang tuntas, tapi usianya juga selesai karena esoknya dia meninggal keletihan. 

Cukup Tidur 
Masih kelanjutan dari Hindari Stress, yang berikutnya adalah Cukup Tidur. Begadang jangan begadang... kalau tiada perlunya.. Begitu kata Bang Rhoma. Bagaimana kalau setiap hari harus begadang karena selalu ada deadline pekerjaan? 

Nah, balik ke nomor 2 tadi. Lakukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan tubuh. Jangan diforsir. Toh harta tidak dibawa mati. Buat apa memiliki harta banyak tapi kita tidak sempat melihat  anak-anak menikah karena kita meninggal di usia muda akibat sakit? 

Secara fitrah, malam hari adalah waktunya tidur. Malam hari adalah proses pembersihan organ hati dari racun dan kita harus tidur agar proses itu berjalan dengan baik. Jika tidak tidur, maka tubuh akan dipenuhi racun. Begadang boleh saja, tapi jangan setiap hari. 

Makanan Sehat 
Ini tips yang sudah banyak diketahui juga, tapi mencari makanan sehat di zaman sekarang ini memang susah. Kuncinya adalah gizi seimbang. Sayur dan buah harus masuk ke dalam menu sehari-hari.

Tadinya saya malas makan buah. Kalau sayur masih mending lah ya, sering ada di meja makan. Baru belakangan ini saya rutinkan makan buah terutama buah tropis yang murah seperti Pepaya dan Pisang. Ya iya, memang harga buah yang mahal itu yang sering menjadi kendala. 
Dipikir-pikir, sebenarnya sama saja harga buah dengan cemilan keripik, kue, dan biskuit. Makanya sekarang saya nggak itung-itung lagi membeli buah.

Jangan Sering Minum Obat Kimia
Kalau sakit ringan seperti flu dan masuk angin, saya tidak langsung minum obat kimia tapi diobati pakai herbal saja atau dari luar. Saat flu, saya memilih minum susu jahe dan banyak makan yang bergizi.

Apalagi kalau hanya sakit pusing kepala. Saya obati dulu dengan tidur dan merehatkan pikiran, ketimbang minum obat sakit kepala.  Jika sakitnya parah, baru deh saya ke dokter dan minta obat kimia. Biasanya itu setelah 3 hari tidak sembuh.

Terlalu sering minum obat kimia, tidak baik untuk ginjal karena ginjal harus bekerja keras menyaringnya. Pada dasarnya, untuk penyakit yang ringan itu kita hanya perlu relaksasi dari stres, beristirahat dan makanan makanan bergizi.

Itu dia 5 tips hidup sehat untuk wanita usia 35+ ala saya. Semoga bermanfaat ya.

17 comments:

  1. Iya, susu jahe enak banget. Hangat. Atau, jeruk nipis pakai madu.

    ReplyDelete
  2. Semula saya juga malas makan buah, Mbak Leyla. Sampai kemudian saya mulai diserang kenyataan bahwa baju-baju saya banyak yang kekecilan..

    Saya kemudian disiplin ngurangin nasi. Tapi badan saya berontak, saya jadi sering vertigo. Akhirnya saya mengakali, sebelum makan nasi, saya makan buah-buahan dulu. Saya pilih pisang, pepaya, jambu, nanas, atau anggur. Ternyata kalau saya makan buah duluan, saya jadi cepat kenyang duluan tanpa banyak-banyak nasi.

    Lumayan deh, semenjak saya pakai pola hidup begini, berat badan saya mulai berkurang, dan baju-baju saya yang lama pun muat kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus ditiru nih. Makan buah dulu, baru makan nasi.

      Delete
  3. Bener bangeeet ya mba..semua problem kita tuh mirip-mirip deh...jarang Olah raga, makan sembarangan, tidur kurant dan stress. Semoga bisa tétap hidup séhaaat yaaa..

    ReplyDelete
  4. bener bener cukup tidur butuh banget, biasanya makin tambah umur makin susah tidur apalagi karena stress tuntutan kerjaan kudu mesti bisa ngatur mood ya mbak

    ReplyDelete
  5. semua tips nya bener banget mba tapi sulit banget buat diterapin haha, terutama rutin olahraga nya beb, susah banget buat akutuh

    ReplyDelete
  6. Walaupun belom 35+ tapi ini bermanfaat buat kaum muda agar selalu menjaga diri tetep fit dan gesit🤗

    ReplyDelete
  7. samaaa, aku juga paling anti minum obat kecuali terpaksa, mending istrahat cukup dan makan makanan sehat <3

    ReplyDelete
  8. Kadang kalau mau cepet sehat solusi cepat minum obat kimia ya, padahal kalau keseringan efeknya nggak baik untuk kesehatan

    ReplyDelete
  9. Bisa nih dipraktekkan nanti mba �� tapi tidur yang cukup memang harus ya dari sekarang hhi

    ReplyDelete
  10. Aku belum 35 tahun nih tapi emang lebih baik dibiasakan dari sekarang yaa. Biar ga kerasa berat nantinya :D Makasih remindernya mbak!

    ReplyDelete
  11. benar banget ya Mbak aku harus nyobain untuk mengurangi konsumsi obat obat kimia karena memang efeknya tidak bagus untuk kesehatan ginjal ya

    ReplyDelete
  12. Tidur itu aku susah banget sekarang karena lebih sering insomnia sih. Huhu :( Sama olahraga deh, harus kudu rajin neh aku 2019 nanti.

    ReplyDelete
  13. Tidur cukup aku masih susah banget nih Mbak, bukan karena insomnia sih tapi biasanya karena keasikan nonton drakor atau tv haha

    ReplyDelete
  14. Sampe sekarang masih susah banget buat olahraga rutin mba huhuhu magernya ini ga ketolong banget sihhh ampun deh keknya harus bener2 ningkatin motivasi lagi nih :(

    ReplyDelete
  15. setuju banget sama tips ini!! olahraga sama makan makanan sehat emang penting banget

    ReplyDelete
  16. aku juga mau hidup sehat, sekarang ini karena katanya mumpung masih muda malah jadi seenaknya. thank for sharingnya harus jaga pola hidup sehat

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...